Kamis, 02 Juni 2011

Dubai Berbisik

Hari ini kebetulan kita semua dapat libur secara bersamaan,keadaan seperti ini memang jarang sekali terjadi walau pun kita satu tempat kerja.biasanya kalau libur bersama kita merencanakan akan pergi ke mana untuk menghilangkan kejenuhan kerja sehari-hari.walau pun hanya sekedar jalan-jalan yang penting dapat menghilangkan stres atau boring dalam pergulatan rutinitis hidup.itu pun kalau ada waktu,ada kesempatan dan ada fulus tentunya.

Dengan segala macam Persiapan, kami semua akan berencana pergi ke Dubai dan sekitarnya.Dubai memang selalu menjadi salah satu kota tujuan liburan banyak orang, meskipun banyak kota lainnya di Uni Emirat Arab seperti Abudhabi,Sharjah,Ras Al-khaimah,ajman,Umm Al-Qaiwain atau pun Fujairah.di bandingkan dengan kota lainnya di UEA,kota Dubai memang yang paling cepat perkembangannya,tak heran kalau Dubai menjadi salah satu kota termodern di dunia abad 21 ini.

Pagi-pagi sekali kami semua sudah bangun hari itu.setelah semuanya siap berangkatlah kami dari Al-Qattara menuju AL-Ain bus station.Al-Qattara adalah akomodasi kami selama tinggal tinggal di Uni Emirat Arab,sebelumnya kami tinggal di Al-markania untuk beberapa bulan ,masih sekitar kota Al-Ain juga. di Al-Qattara dekat sekali dengan Negara Oman,hanya sekitar 1200 m jaraknya (di hili border)dari tempat kami semua tinggal,perbatasan inilah sebagai pintu masuk ke Negara Oman atau pun sebaliknya.pada hari-hari tertentu khususnya hari jum’at jalanan di sekitar akomodasi daku akan sedikit macet karena banyak warga Oman yang akan memasuki Uni Emirat Arab untuk sekedar jalan-jalan atau pun berbelanja.

Setelah beberapa menit taksi yang kami naiki sampai juga di Al-Ain bus stasiun.di Al-Ain sendiri untuk jarak dekat kota Al-Ain dan sekitarnya tidak ada angkutan lain selain taksi jadi bukannya sombong yah,angkutan semacam bus atau metromini(kalau di Jakarta)hanya untuk melayani tujuan dalam kota seperti Al-Ain ke Abudhabi atau Al-Ain ke Dubai.ramainya Al-Ain bus stasun ini,karena hari ini hampir semua orang libur.Di Negara-Negara arab memang libur pada umumya hari jum’at.pada hari jum’at kesempatan ini banyak di manfa’atkan oleh semua orang berkunjung ke kota lain untuk bertemu sanak sudara,teman,handai taulan atau pun mengisi liburan akhir pekan.sekedar informasi Al-Ain sendiri merupakan tempat lahirnya presiden pertama Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan yang tak lain adalah ayah dari Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan presiden Uni Emirat Arab saat ini.di kota inilah Zayed kecil menghabiskan masa kanak-kanaknya bersama orang-orang terkasih.

Setelah membeli tiket untuk tujuan Dubai,bus yang kami tumpangi pun melaju,dengan di iringi lagu dangdut dan melodi Arabia,di ponsel ,daku pun larut dalam buai’an(gak tau yang lain) Semakin menambah Indahnya,jiwa ku melayang ke udara,hati ku berbunga-bunga,napas daku hilang(mati dong)pokoknya hepy aja bawa’anya(bukan Hepy Salma, itu sudah istri orang).Oh yah,ada yang lupa tiket untuk Al-Ain ke Dubai sebesar AED 20,sedangkan untuk tujuan Al-Ain ke Abudhabi sebesar AED 15.AED adalah singkatan dari Arab Emirat Dirham,bukan Arab Emirat Dollar yah,(catet).jangan salah banyak orang yang mengira seperti itu(bagi yang belum tahu).

Selang beberapa menit,nampaklah akomodasi kami dari kejauhan ,lah kok bisa?bisa dong,karena kalau kita akan ke Dubai dari Al-Ain bus stasiun memutar kembali ke arah menuju perbatasan Oman termasuk jalan yang di lalui akomodasi kami.kenapa gak menunggu di depan akomodasi saja?kalau di Indonesia terutama di jabodetabek mungkin bisa seperti itu tapi kalau di UEA jangan harap,para sopir yang kebanyakan berasal dari India ini selalu mentaati hukum yang berlaku,kalau tidak akan terkena sangsi berat.

Setelah hampir dua jam perjalanan,itu pun di tambah istirahat beberapa menit untuk sarapan.Ahkirnya kita pun sampai di Dubai Interchange Bus Station.Di Bus station ini pun tak kalah ramai dari Al-Ain bus.semua orang berlalu lalang mencari bus yang akan membawa ke tempat tujuan mereka masing-masing.setelah berdiskusi kita semua memutuskan untuk ke jumeirah dan sekitarnya.di sinilah di mulai pengembaran kami(film kali)mulai dari pantai jumeirah.Burj Al-Arab,Burj Dubai,Dubai Marina,emirates diving assosiation,Dubai tempo dulu,Deira,Hard Rock Café Dubai dan lain lain.

Ada salah satu tempat yang daku anggap aneh yaitu jumeirah beach.pantai dengan pasir putih dan tak jauh dari tempat itu terdapat bangunan ikon pertama kota Dubai yaitu Burj Al-Arab(sekarang ada Burj Dubai)pantai ini selalu menarik perhatian banyak pengunjung,apalagi kalau sudah mendekati sore pantai ini akan di penuhi oleh lautan manusia khususnya turis asing yang akan berjemur atau sekedar jalan-jalan.tak heran sepanjang jalan menuju pantai jadi sedikit macet di tambah dengan lalu lalang orang terutama para bule-bule yang hanya memakai swimming suite dari yang satu helai,dua helai sampai yang tak berhelai ada semua(yang tak berhelai gak ada cuma bercanda).Buat daku pribadi apa Indahnya tuh pantai cuma pasir doang,beda sekali dengan pantai-pantai di Indonesia yang indah dan mempesona.

Setelah puas berkeliling Dubai dan sekitarnya kami semua memutuskan untuk segera pulang karena hari sudah mulai malam,konon bus yang menuju kota Al-Ain hanya melayani sampai jam 10 malam.sambil menunggu bus penuh tak lupa selalu berfoto-foto dengan gaya seperti anak alay.dalam perjalanan pulang ternyata semuanya pada tidur karena lelah seharin keliling Dubai.hampir dua jam, akhirnya kami semua tiba di Al-Ain.seperti yang daku ceritakan di atas kalau bus melewati akomodasi kami,dan kami minta di turunkan di depan akomodasi ,alhamdullilah ternyata bisa kalau pulang.kecuali pergi harus ke bus station Al-Ain dulu .setelah sampai di akomodasi cuci kaki,sikat gigi.gak mandi,bangun pagi,kerja lagi .capee dech,,,,,

Baca juga artikel-artikel menarik lainya: