Selasa, 25 Oktober 2011

Pengalaman Pertama Bekerja Di luar Negeri

ini kapalnya MV Leisure World
Setelah lulus dari salah satu sekolah pariwisata di Jakarta daku memutuskan untuk segera mencari sebuah pekerjaan.Hari-hari ku tak lepas yang namanya bolak balik kertas Koran untuk mendapatkan sebuah lowongan pekerjaan.setiap ada iklan lowongan kerja daku langsung membuat surat lamaran dan secepat mungkin memgirimkannya ke alamat yang tertera dalam iklan tersebut.

Hotel ataupun CafĂ© ku datangi,Ternyata tak mudah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan apalagi bagi fresh graduate seperti ku harus mempunyai kesabaran ekstra dan semangat yang membara.setiap wawancara daku selalu gagal dan gagal lagi dan akibat kejadian itu hampir putus asa rasanya diri ini dan malas mulai menghantui.tapi untunglah beberapa teman selalu memberikan dorongan agar selalu semangat dan terus mencoba.daku dan beberapa teman yang belum sukses untuk mendapatkan sebuah pekerjaan mempunyai motto”gagal itu biasa,coba lagi baru luar biasa”.
sambil menunggu panggilan kerja waktu ku banyak di habiskan di rumah sambil belajar bahasa inggris,lagian mau keluar juga gak punya uang.lagi asyik cas-cis-cus tiba-tiba suara telepon bordering dan daku pun mengangkatnya.

Yadi:Hallo dengan yadi siapa ini?
iyan:Yad ini gue,iyan ente udah kerja belom?
Yadi:Belum masih nganggur,emangnya ada apa?tumben ente telepon ane,ada apa emangnya dan sekarang ente ada di mana?
iyan:ane ada di Singapura sekarang,dapat kerja di sini.cucok boo,kasihan dech lu belum dapat kerja.
Yadi:apa singapura????gak salah ente ada di sana,bukan singapura kali tapi singaparna.
iyan:Singapura lah,secara gitu loch gue,udah jangan banyak omong nich gue ada lowongan buat loch mau gak??
Yadi:mau aja ,singapura kapan lagi gue bisa ke luar negeri,tapi kerja apa di sana?
Iyan:kerja sama gue di salah satu kapal pesiar,luch bisa bahasa inggris kan?
Yadi:bisa lah tapi dikit,kan sebelumnya gue lulusan pariwisata jadi dasar-dasarnya bisa kalau cuma yes dan no aja mah lulus.
iyan:ya udah kalau gitu,buat paspor sama buku pelautnya jangan lupa,jangan lama-lama nanti di ambil orang lagi.salam sama Babeh dan emak ente.
Yadi:oke dech nanti gue rembukan sama ortu.tapi kirimnya ke mana surat lamaran dan dokumen lainnya?
iyan:jangan terlalu di pikirkan.nanti kalau semuanya dah siap gue call lagi oke.
Yadi:oke dech.

Setelah berembuk dengan kedua orang tua dan mereka setuju daku pun segera membuat paspor dan buku pelaut sesuai syarat yang di minta.mungkin inilah kesempatan yang Allah berikan yang datang padaku.kesempatan kan tidak datang dua kali dalam hati.

MV.Leisure World
singkat cerita:
setelah paspor,buku pelaut dan dokumen yang lainnya siap,daku dan satu orang temanku yang mau melamar juga,akhirnya pergi singapura via Batam untuk interview.(di Jakarta gak ada kantornya).ini kami lakukan agar bayar piskalnya bisa lebih murah.kalau naik pesawat piskalnya 1 juta(masa itu)sedangkan melalui laut 5 ratus ribu.kebayang gak sich mau wawancara aja sampai harus ke singapura segala.menurut info,biasanya kalau udah interview kita bisa langsung kerja dalam 2 atau 3 hari berikutnya.maka dari itu biar gak repot kita pun sudah membawa koper berisi pakaian dan segala macam keperluan kami di sana.
Dengan naik KM Kelud,berlayarlah kami berdua dan seorang teman yang mengantar kami menuju Batam.untunglah kami kelas 3 wisata di kapal jadi gak berebutan tempat tidur ,soalnya sudah ada nomornya.3 hari 2 malam kapal yang kami naiki pun sampai di pelabuhan Batam.setelah menurunkan penumpang kapal 
pun melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Belawan,Medan.

Di Batam inilah kita tinggal 2 atau 3 hari di Hotel Melati sebelum melakukan wawancara ke user di singapura.sebelumnya kita juga buat janji dengan perwakilan yang ada di Batam ,di Batam View Beach Resort kantornya.setelah wawancara dengan kantor di Batam,perjalanan pun di lanjutkan menuju ke Singapura.di pelabuhan Nongsapura inilah pintu gerbang antara Indonesia dan Singapura berada.setelah bayar piskal kami pun pergi ke singapura untuk wawancara selanjutnya.

Dengan sebuah kapal ferry berlayarlah kami sambil menikmati keindahan laut pulau Batam.dari pulau Batam memang sangat jelas tampak kota Singapura dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang megah dan mempesona bagi setiap mata yang memandang.padahal dalam hati berdebar-debar,kalau gak di terima mau di taruh dimana nich muka juga udah keluar uang banyak lagi bisa di gorok orang rumah aduh.

Akhirnya setelah beberapa menit,kami pun sudah sampai di sisi kapal pesiar yang boleh di katakan gede bin besar.kami pun masuk dan siap-siap untuk melakukan wawancara.Alhamdullilah lancar semuanya dan kami pun di terima bekerja,.......Tappppppppppppppppppppppi baru bulan depan you baru bisa joint,dengan logat bahasa melayu di campur bahasa orang putih(English).satu masalah telah selesai tapi datang masalah baru.satu bulan tinggal di Batam kami semua gak sanggup karena biaya hidup di Batam cukup besar.Dengan uang yang tersisa kami kumpulkan untuk ongkos pulang ke Jakarta.

Alhamdullilah kita bisa pulang hari itu juga walau naik kapal laut kelas ekonomi non seat.di kapal laut kelas ekonomi inilah Allah menunjukan contoh nyata kehidupan.tua-muda,laki-kali,perempuan sampai anak-anak tidur bersama-sama dengan berdesak-desakan hanya beralaskan Koran seadanya makan pun layaknya tahanan di rumah pesakitan.melihat itu semua daku hanya mengusap dada kalau daku ternyata lebih beruntung daripada mereka semua.baru satu kali tidur beralaskan Koran sudah mengeluh,sedangkan mereka mungkin hampir setiap hari dengan keadaan seperti itu.tanpa terasa air mataku pun jatuh berlinang membasahi pipi.

setelah 2 hari dalam kapal laut,akhirnya kita pun sampai di pelabuhan Tanjung priok.dan temanku memutuskan untuk langsung pulang dulu ke kampong halamannya.daku pun segera naik bus untuk pulang ke Bekasi.biar gak mengundang kehebohan malam-malam baru sampai.setelah sampai mereka pun pada kaget kok pulang,?daku jawab saja kalau bulan depan baru bisa sign in.

Selama hampir seminggu daku gak keluar rumah karena malu karena sebelumnya memang sudah selamatan atas kepergihannku untuk keluar negeri.dan setelah menunggu selama satu bulan akhirnya kerja juga di kapal tersebut dan “welcome on board”.

Nah di sinilah pertama kalinya daku bekerja di luar negeri.awal-awal selalu home sicks,tapi begitu terima uang gaji home sicks hilang karena dapat uang.yang lebih menyengkan lagi di bayar pakai Dollar lagi walapun cuma Dollar Singapura yang perbulan daku terima SGD ,400 di potong 20 Dollar tiap bulan untuk tabungan baru bisa di ambil ketika cuti.


63 comments:

Atma muthmainna mengatakan...

aku suka mottonya"gagal itu biasa,coba lagi baru luar biasa"...the best bangett

semangat yg sungguh luar biasa...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Andy mengatakan...

Yang penting semangat & mau bekerja keras mau apa pun pekerjaan & dimana pun yang pentng semua yang kita lakukan sesuai dengan Rules aja

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
reni mengatakan...

Semuanya butuh perjuangan... selama kita tetap semangat dan berpikir positif pasti akan ada jalan buat kita. Jadi, berapa lama kerja di Singapore?

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Wisata Murah mengatakan...

alhamdulillah akhirnya sampai pelabuhan,dan mendapat kerja sesuwai ilmu.. barakallah sob
saya menikmati cerita anda

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Gaphe mengatakan...

aah syukurlah akhirnya keterima keerja juga.. jadikan pengalaman aja sih, lagian bayarnya pake dolar singapore.. setara tiga jutaan tuh kan ya?.. ehehe, lumayan untuk freshgrad.

tapi koq ada pake fiskal-fiskalan segala?. bukannya per januari 2011 sudah dihapuskan yah sama pemerintah?

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
anisayu mengatakan...

pengalaman yang mengasikkan sekali, hmmmm senang baca ceritanya hehhe sip selalu semmangat ....

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Sitti Rasuna Wibawa mengatakan...

Lulusnya emang tahun berapa mas? *kepo*

Terimakasih mass yadi atas partisipasinyaaa, sudah kumasukkan yaa di list peserta. :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
rieztokho mengatakan...

Pengalaman yang menginspirasi bang



SalamPLUR

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
r10 mengatakan...

terus kenapa sekarang bisa terdampar di dubai UEA?

love peace gaul juga :D

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Web mdmk mengatakan...

kunjungan silaturahmi menjelang malam sahabat...sebuah pengalaman yang luar biasa sahabat.
Terima kasih atas sharing pengalamannya

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Ferry I mengatakan...

Bekerja sepertinya berganti-ganti negara ya sob..sekarang di negeri Arab kan...
Senenng bisa keliling dunia nih

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
21inchs mengatakan...

saya pengen ke singapura belum kesampaian niy...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadinilan mengatakan...

@Atma muthmainna
pokoknya tetap semangat,love,peace and gaul

@Andy:Yup benar banget tuh bro,love,peace and gaul.

@reni:yup setiap ada kemauan pasti di situ ada jalan.1 tahun aja kerja di sana mbak,love,peace and gaul.

@Wisata Murah:amin,terima kasih,sekedar berbagi,love,peace and gaul.

@Gaphe:Yup betul banget,ini kejadiannya sebelum 2011, per januari 2011 iya katanya udah di hapus.mudah-mudahan benar beritanya,love,peace and gaul.

@anisayu:salam Semangat,love,peace and gaul.

@Sitti Rasuna Wibawa:lulusnya dah lama sekitar tahun 2001.
makasih yah udah di catet,love,peace and gaul.

@rieztokho:terima kasih,tetap semangat,love,peace and gaul.

@r10:selama daku masih sendiri,ingin jalan-jalan keliling gitu mas,love,peace and gaul juga:D

@Web mdmk:sama-sama sekedar berbagi,love,peace and gaul.

@Ferry I:iya sudah 3 negara daku lalui,selagi masih sendiri,love,peace and gaul.

@21inchs:semoga dalam waktu dekat dapat berkunjung ke sana,love,peace and gaul.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
iffa hoet mengatakan...

woww kapal pesiarnya kerennnn. hehe...home sicknya ilang gara-gara liat dollar ??? :))

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadinilan mengatakan...

@iffa hoet
yup betul banget liat $$$$$ jadi lupa,hehe,love,peace and gaul.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
panduan belajar blog mengatakan...

wah, wahh..
pengalamannya seru yah. lika-liku mencari kerja. :D
hikmah yg bisa ku ambil di sini adalah kerja keras itu penting. jangan mudah menyerah dan terus berusaha sekuat tenaga. :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadinilan mengatakan...

@panduan belajar blog
yup jangan mudah berputus asa,di setiap ada kemauan pasti di situ ada jalan,love,peace and gaul.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Rawins mengatakan...

tapi keren om bisa jalan jalan dapat duit
ga kaya aku kalo keluyuran malah ngabisin duit

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
bopfive5 mengatakan...

hebat bro untung gak ketipu he3...ya pokoknya berani mencoba dan gagal itu biasa he3..sip

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
pri crimbun mengatakan...

menarik benner kisah dan proses dapet kerjanya sob,, sampai mondar-mandir gitu singapura batam jakarta dalam waktu yang singkat.. kebayang degh capenya... tapi endingnya kan keren :)

sukses ya sobat...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Asis Sugianto mengatakan...

jadi pengen juga bekerja diluar negeri sobat...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Jurnal Rachmat mengatakan...

wah enak nech yang kerja di luar negri...selamat ya gan...jangan lupa traktiran klo udah gajian :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
PS Holic mengatakan...

menantang... gagal itu harus... makin membuka cakrawala tentunya!

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Error Shinobi mengatakan...

kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda .. :)
tetap semangat kawan ..

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

wahhhhhh enak banget udah dapat kerja! di luar negri lagi!! asal jangan jdi TKI bro :P mending kayak temen ane aja di singapore :D selamat ya atas kerjaannya :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
NuellubiS mengatakan...

untung deeh kalo gitu....

OOT: eh mas, fontnya jangan di-italic. saya suka pusing tiap kali baca blognya mas. :(

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
gamazoe mengatakan...

walaaaahh kerja di laut itu bukannya jarang balik yaa sob?? hmm, hati2 aja yaa.. dan semoga segera mendapatkan kerjaan yang lebih baik.. sukses yaa :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
menone mengatakan...

pingin bgt bisa kayak gt sob ..... kapan yaaaa.....


salam persahabatan selalu dr MENONE

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
zone mengatakan...

saya dulu juga punya impian yg sama mas...
pengen kerja di kapal...
:)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Sitti Rasuna Wibawa mengatakan...

Oya hihi, masnya belum pasang link blogku. :)
Mas boleh minta tolong ngga, refollow blogku dong. Atau add http://www.sittirasuna.com di reading list mas. Soalnya ganti domain T__T

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Rama88 mengatakan...

perjuangan yg sangat besar, banyak hikmah yg saya dapat dari membaca artikel ini, memang benar gagal itu hal yg biasa,, :D

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
halamanputih mengatakan...

Kalau pertama kali kita berada di negeri orang, home sick pasti akan sangat terasa. Tapi lama kelamaan perasaan itu akan hilang dengan sendirinya ketika kita sudah terbiasa dan adaptasi dengan lingkungan.

Kalau saya mas, home sicknya justru saat di perjalanan

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Ladida mengatakan...

prinsip anti putus asa harus saya tiru nih, yg penting jgn nyerah, krn org menyerah pasti kalah, ahahaa

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Lidya - Mama Pascal mengatakan...

pengalaman pertama selalu berkesan ya, baik kesan yang menyenangkan ataupun tidak

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Ria Nugroho mengatakan...

gak sia2 kan mas perjuangannya :D tetanggaku jg ada yg pelayar jarang pulang tp klo pulang suka bawa oleh2 coklat atau parfume hehe

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Kang Harjho 35 mengatakan...

untuk ukuran orang Indonesia bisa kerja di luar negeri,,, buat saya itu udah hebat banget bang... hehe...

jadi kepengen juga kerja diluar negeri nich,hehe tapi cita2 saya malah pengen buka usaha di Indonesia yang bisa menampung banyak karyawan hmmmm... semoga lekas tercapai amiin ya Rabb...
salam silaturrahmi...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
mY c0lLecTi0n mengatakan...

Heheheeh
Ayah teman saya ada juga yang kerja pelayaran ..

Semangat anda begitu menggebu ya .. hehhehe

Salam kenal .. ^^

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Bayu Hidayat mengatakan...

wah keren ceritanya. perjuangan pasti akhirnya membuahkan sesuatu yang manis bro.entar kalo bro udah jadi bos. baca ini lagi. uwww pasti seru

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Baha Andes mengatakan...

Asik juga ya pengalamannya. Di tunggu cerita2 dilautnya, kaya Pilm The Parities of cirebon... :)

Peace, Love, Unity and Respect (PLUR)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
k[A]z mengatakan...

wah asiknih bang ceriytanya, alhamdulillah sesuatu bangetya bisa keterimakerja,kalao saya masih nganggur --
kunjungan pertama,salam kenal

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Menginspirasi banget ceritanya B)
Jadi kepengen keluar negeri.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Sheno Monkey mengatakan...

alhamdulillah, rejeki memang sudah ada yang mengatur :D lagian rejeki itu datangnya kan dari orang lain bukan jatuh dari langit. anyway gede juga loh gajinya 400 dollar. although itu dollar singapore, well syukuri ya :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Tautan Pena mengatakan...

Pena hadir dan absen pagi sob...senangnya bekerja dan bisa keliling dunia ya...Kapan bisa keluar negeri ya pena..kapan-kapan dech

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Web mdmk mengatakan...

Menunggu postingan yang terbarunya sahabat

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Ahong mengatakan...

Kapan ya saya ke keluar negeri...
@_@

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
I Gede Antara Putra mengatakan...

HAi Sob

Maaf ni sekian lama saya baru koment and gak sempet BW, kemarin" saya sibuk ngebangun usaha baru saya, sekarang udah berjalan dengan sistem, jadinya saya bisa BW lagi deh,

Oya saya sudah aktif meulis lagi tentang bisnis BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI

Silahkan berkunjung ya sob ke http://www.antaraputra.com

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Liandri eko mengatakan...

mantap ne sob sanat bagus buat motifasi saya. makasih infonya

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Ibnu Siswoyo mengatakan...

Senang bisa bekerja di kapal sob

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
rendratwa mengatakan...

dengan semangat yang luar biasa tentu menjadikan suatu pengalaman menarik dan mengesankan dapat bekerja diluar negeri, selamat dan sukses ...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Urkhan mengatakan...

wah kalo saya enggak bisa mas kerja di kapal, mabok laut parah -__-"

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
hesty arnize mengatakan...

kapan yaaa saya dapet kerjaan :( tiap hari ngeblog mulu, kirim email lamaran sana sini tak ada yang membalas *curhat abezzz* :D
tapi betul juga, gagal itu biasa, coba lagi baru luar biasa :D

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

semoga sobat jadi duta besar ya di luar negri :D huahaha

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
pepep mengatakan...

sukses tentunya dengan pekerjaan barunya. salam

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
attayaya mengatakan...

lho singgah di batam tho, kok ga ketemu denganku ya???
hihihiii..

batam emang mahaaaaaaaaaaaalllllllll...

welkom on board bro

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadinilan mengatakan...

@Rawins
yah gitu deeh mas,salam love,peace and gaul.

@bopfive5:benar maju terus pantang mundur,love,peace and gaul.

@pri crimbun:Alhamdullilah,love,peace and gaul.

@Asis Sugianto:silahkan di coba mas,love,peace and gaul.

@Jurnal Rachmat:terima kasih,oke sip dech,love,peace and gaul.

@PS Holic:yup benar banget,love,peace and gaul.

@Error shinobi:semangaaaaaaaaaaat,love,peace and gaul.

@Farixsan Quilicuor(Faris Herdianto 177):tki juga bro tapi terlatih gito,love,peace and gaul.

@Nuellubis:makasih,pusingnya kalau pake font italic,gimana yah?love,peace and gaul.

@gamazoe:yup bener banget jarang pulang,sama-sama sukses juga,love,peace and gaul.

@Menone:pasti bisa,coba yah,love,peace and gaul.

@Zone:ayo wujudkan bro,love,peace and gaul.

@Sitti Rasuna Wibawa:oke sipp dech,love,peace and gaul.

@Rama88:yup coba dan coba,love,peace and gaul.

@Halaman putih:yup benar banget bro,love,peace and gaul.kalau di perjalanan daku mah maunya buru-buru sampai aja,love,peace and gaul.

@Ladida: yup benar banget bro,love,peace and gaul.

@Lidya mama Pascal:yup kesan pertama memang begitu menggoda,love,peace and gaul.

@Ria Nugroho:Mau doong coklat ama parfumenya,love,peace and gaul.

@Kang Harjho:yup buka usaha sendiri lebih enak apalagi bisa memberdayakan orang di sekitarnya,sukses yah,love,peace and gaul.

@My c0ILecTion:salam kenal juga,love,peace and gaul.

@Bayu Hidayat:yup hidup adalah perjuangan,jadi boss?Amin,love,peace and gaul.

@Baha Andes:Cirebon hahahaha bisa aja,love,peace and gaul.

@K[A]z:jangan menyerah yah ,salam kenal juga,love,peace and gaul.

@Shudai Ajlani(dot)Com:Ayo coba,love,peace and gaul.

@Sheno Monkey:iya syukuri aja,amin masih di kasih rizki,love,peace and gaul.

@Tautan Pena:Pasti bisa,love,peace and gaul.

@Web mdmk:oke siip tunggu yah(PD banget)love,peace and gaul.

@Ahong:pasti nanti bisa,love,peace and gaul.

@i gede Antara Putra:hai juga,tak ada maaf bagimu,just kidding.sukses yah buat usaha barunya,love,peace and gaul.

@Liandri eko:sama-sama,love,peace and gaul.

@Ibnu Siswoyo:Alhamdullilah,love,peace and gaul.

@rendratwa:Terima kasih,sukses juga,love,peace and gaul.

@Urkhan:mabok yah tar juga terbiasa,love,peace and gaul.

@Hesty arnize:jangan menyerah yah ayo coba terus pasti bisa,love,peace and gaul.

@Farixsan:Dua kali koment anda mendapat satu payung cantik,hahaha.Dubes Amiiiiiiiiin,love,peace and gaul.

@Pepep:suksses juga tuk anda,love,peace and gaul.

@Atayaya:iya kok tak jumpa yah?iya Batam gak kuku gak jempol mahaaaaaaaaaal,love,peace and gaul.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
k3nzhu mengatakan...

mas saryadinilan,saya blh mnt email ny ???
saya ada yg mao tyk ne soal kerja d kapal itu.
karena saya ge mao lamar d sana.

ThnkZzz, , ,

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadinilan mengatakan...

@k3nzhu
duh maaf yah baru di balas.Boleh alamat e-mailnya:awangyadi@yahoo.com

sukses yah.love,peace and gaul.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
k3nzhu mengatakan...

gpp mas.ThnkZzz, , ,bgt y.
saya mao tyk lagi mas,dolo lamar nya dmn na N interviu dmn ???

kl kami d srh antar lamaran nya di batam mas.
kl bahasa ing N mandarin kita gak bisa pa diterima mas ???

abiz kmi d knln jga yg rekut na sama tmn yg da kerja d africa.

ThnkZzz, , ,mas saryadinilan atas infonya.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadinilan mengatakan...

@k3nzhu
kalau melamarnya dulu langsung ke Batam,ada teman yang bawa surat lamaran dan dokumen lainnya.kalau pas intervieuwnya langsung ke kapal di singapura lewat Batam tadi.

kalau mengenai bahasa tergantung pada bagian yang mau di lamar misalkan Galley(dapur)bisa sedikit juga gak apa-apa.gak bisa bahasa mandarin gak-apa-apa coba aja dulu.

dah gitu aja kalau masih ada pertanyaan silahkan tuliskan lagi di kolom komentar,sukses yah,love,peace and gaul.kembali kasih(jawaban terima kasih).

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
k3nzhu mengatakan...

lamaran di antar k batam view beach resort y mas ??
kmi bkn d dapur lo mas,tp di gembel ny mas.

klu blh tau mas saryadinilan bagian apa y ???

mas,blh mnt no hp nya gak mas ???
soal nya ada bbrp hal lagi yg saya mao tanyak.
klu blh kirim di email saya mas k3nzhu87@yahoo.com

ThankZzz, , ,mas atas info2 nya.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadi nilan mengatakan...

@k3nzhu
yup betul banget ke Batam view beach Resort saat itu.dulu waktu kerja di sana di bagian galley(dapur)tapi itu dah lama banget tahun 2001 atau 2002,sekarang dah gak kerja di situ lagi.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
k3nzhu mengatakan...

oh, , ,jd ckrg mas kerja dmn ???

jd tu langsung ke kapal singapura nya pake biaya sendiri pa gmn mas ???

truz awal masuk d kasih brp y mas ???

ThnkZzz, , ,mas ats infonya

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Kerja Korea mengatakan...

Bagi teman-teman yang mencari kesempatan untuk bekerja di Korea Selatan. Kami dapat Membantu teman-teman semua untuk dapat bekerja di sana.
Silahkan kontak kami melaui email ini: bekerja.korea@gmail.com

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan

Posting Komentar