Senin, 12 April 2010

Bahasa Tagalog

saryadi ente mau belajar bahasa philipina enggak kata temanku yang berasal dari negara ini?,emangnya kenapa kata ane penasaran dan balik bertanya,ia biar ente gampang dapat cewek philipina dan kebetulan kan wajah ente kayak orang philipina dia menyakinkan.emang sich kata orang-orang wajahku mirip orang philipina apalagi yang belum benar-benar mengenal aku pasti akan terkecoh dan mengira aku berasal dari negara tersebut.

Sekarang kita akan coba mengenal dengan bahasa yang satu ini yang aku cari di om wikipedia.kalau aku menulis ini bukan berarti aku

pandai bahasa ini sama sekali tidak jadi jangan ngomong bahasa ini kalau bertemu.

Bahasa Tagalog adalah salah satu bahasa terpenting di republik philipina .perkataan tagalog berasal dari perkataan Taga-ilog,dari taga yang bermakna "penduduk asal" dan ilog yang bermakna" sungai",atau penduduk asal di tepi sungai.bahasa tagalog masih mempunyai hubungan keluarga dengan bahasa di indonesia maupun malaysia .tergolong keluarga Austronesia ,bersama-sama dengan bahasa maori,indonesia,melayu dan Hawaii ,bahkan bahasa-bahasa kesukuan di Thaiwan.bahasa -bahasa yang sumbangan penting dalam pembangunan perbendaharaan kata bahasa tagalog termasuk bahasa Spanyol,inggris,hokkian,melayu,arab,dan bahasa-bahasa tempatan lain.ia mempunyai hubungan rapat dengan bahasa yang

di tuturkan di kawasan Bicol dan Visaya.

Kesamaan dengan bahasa indonesia terletak pada banyaknya kemiripan kosa-kata seperti anak,mahal,murah,kambing,ako,ikaw dan banyak lagi.bahasa tagalog terbagi atas beberapa dialek seperti dialek lubang,manila,marindugue ,Bata'an,Batangas,bulacan,tanay paete,dan tayagas.


kalimat dasar bahasa tagalog


*kumustaka?:apa kabar


*Magandang umaga:Selamat pagi

*magandang hapoh:selamat siang


*Magandang gabi:selamat malam


*ano ang pangalanmo:siapa namamu?


*salamat:terima kasih


*kanan:kanan


*tulong:tolong


*tanghari:tengah hari


*duryan:durian


*Rambutan:rambutan


*batik:batik


*sarap:sedap


*apat:empat


*lima:lima


*anim:enam


*ako:aku


*ikau:engkau


*kami:kami


*lalaki:lelaki


*payong:payung


*bato:batu


*puti:putih


*ulan:hujan


*sinta:cinta


*buwaya:buaya


*bawang:bawang


*pulo:pulai


Hitungan:

1:isa


2:dalawa


3:tatlo


4:apat


5:lima


6:anim

7:pito


8:walo


9:siyam


10:sampu


Selama aku tinggal dan bekerja di luar negeri banyak bangat kejadian lucu dan unik yang berhubungan dengan bahasa dan wajah yang seperti philipina kadang aku tertawa,senyum ada juga yang membuat aku jengkel antara lain:


aku di singapura bekerja di salah satu kapal pesiar berbendera bahamas yang krunya banyak orang indonesia dan juga dari negara philipina,di sini ada salah satu kejadian lucu ada salah satu anak philipina yang naksir aku kalau perempuan gak jadi masalah,tapi yang ini lelaki(cape dech)dia langsung mengungkapkan cinta pada ku akupun langsung jawab kalau aku bukan cowok yang kayak gitu dan baiknya kita berteman aja kataku.namaya juga dunia ada macam-macam orang dan karakter yang berbeda .




Di Brunei banyak banget mayoritas orang philipina yang bekerja di negara ini terutama perempuannya.ada juga anak phlipina yang suka sama aku tapi yang ini perempuan tapi begitu aku bilang aku dari indonesia dia gak mau.dia naksir aku pertama lihat aku katanya muka ku sama persis kayak pacarnya yang di philipina,jangan-jangan aku buat selimut malam doang kali hehe.


Di Uni emirat arab mayoritas phlipina pun cukup banyak setelah hindi,apalagi di tempat aku bekerja hampir sebagian besar dari negara ini.kalau ada staff baru datang entah itu lelaki atau perempuan selalu mengajak aku bercakap-cakap dengan bahasa tagalognya aku langsung bilang english please gue tuh gak ngerti apa yang luh omongin jawabku dengan kesal.mereka baru tau kalau aku udah marah-marah kalau aku bukan dari bangsa mereka.

pernah aku bertanya kenapa mereka mengira aku orang philipina ,mukaku katanya pogi(cakep)mereka memberi alasan dan gue pun langsung komentar emangnya orang philipina doang yang punya wajah cakep,asal luh tau yah semua kalau orang indonesia yang bekerja di emirat semuanya mantan model jawabku dengan kesal,model majalah apa kata mereka bertanya? ,,gue jawab aja mantan majalah Trubus sambil berlalu,,,,g

1 comments:

bpk muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan

Posting Komentar