Jumat, 03 Agustus 2012

Roti Terpopuler Di Dunia

Roti?siapa sich yang tak suka akan makanan yang satu ini,mulai orang dewasa sampai anak-anak pasti gemar menyantap makanan yang bernama roti.bagi kebanyakan orang Indonesia roti masih di anggap sebagai makanan camilan atau pengisi perut kala lapar.

Makanan yang berbahan dasar tepung terigu,air lalu di permentasikan oleh ragi ini saat ini terdiri dari berbagai jenis,rasa dan variasi yang berbeda. makanan yang kaya akan karbohidrat ini,pada jaman penjajahan terutama penjajahan Belanda di Indonesia hanya dapat dinikmati oleh kalangan terbatas terutama kaum bangsawan Belanda seperti Menir dan Noni-noni Belanda yang berkuasa saat itu.Roti merupakan salah satu makanan tertua di dunia yang konon berasal dari mesir dan Mesopotamia. Dibawah ini merupakan roti-roti yang terkenal dari berbagai belahan dunia.Mungkin anda pernah mencoba atau mencicipinya?atau jangan –jangan merupakan Roti kesukaan anda. 

1.Bagel (Roti khas Amerika) 
Menurut sejarah Roti Bagel mulai di buat pada abad-17 oleh masyarakat di Eropa Timur.Dalam Wikipedia Bagel adalah salah satu jenis roti berbentuk seperti cincin,seukuran telapak tangan yang di buat dari tepung terigu dan ragi yang di rebus didalam air sebelum dipanggang.Bagian dalam dalam roti ini mempunyai tekstur yang padat dan kenyal,sedangkan pada bagian luar berwarna coklat muda,kering dan garing. 

Bagel bisa jadi belum akrab di kebanyakan lidah orang Indonesia. Namun, di sejumlah kota Eropa dan Amerika Serikat, bagel adalah bagian dari menu sarapan yang paling mudah dijumpai. Dibandingkan dengan donat, roti bundar berlubang ini berukuran lebih montok. Sensasi pertama muncul begitu mulai menggigitnya. Tekstur bagel terasa agak keras pada gigitan pertama. Namun, begitu dikunyah, muncul rasa kenyal dan lembut di bagian dalam roti yang memanjakan lidah.

 Dengan tekstur yang bikin penasaran itu, bagel meladeni banyak selera. Bagel pada dasarnya berasa tawar, diolah dari adonan tepung terigu atau gandum dan ragi. Dengan tangan, adonan bagel lalu dibentuk bundar-bundar dengan lubang kecil di bagian tengah—karena itu, bentuk bagel di satu nampan pun tak pernah benar-benar seragam. Sebelum dipanggang di oven, adonan bagel direbus. Metode itulah yang memunculkan tekstur khasnya: kering renyah atau cenderung agak keras di lapisan luar, tetapi kenyal dan empuk di dalam. Sebagaimana layaknya roti, bagel bisa ”diperkaya” dengan sentuhan rasa lain untuk memenuhi beraneka selera. Di bagian luarnya, bagel bisa dibubuhi biji selasih atau biji wijen.

 Di New York—yang penduduknya disebut-sebut paling ”fanatik” dengan bagel—roti ini juga biasa dibelah horizontal lalu diolesi krim keju di bagian dalam, ditangkupkan lagi, lalu siap disantap. 

 2.Scone( Roti khas Scotlandia) 
  Kue ini berasal dari Skotlandia dan populer di Inggris,sehingga disebut juga small brittish quick bread. Scone sangat cocok sebagai teman minum teh rasanya tidak terlalu manis, gurih dan rasa butter yg kental sekali....dengan menggunakan baking powder sebagai pengembangnya. 



3.Bunuelos (Roti khas Spanyol) 

Jenis makanan satu ini selalu hadir di perayaan Natal dan tahun baru. Bentuknya yang bundar seperti bola golf memiliki rasa manis yang legit. Makanan ini adalah salah satu roti yang populer di Eropa. Enak dimakan hangat bersama keluarga saat menikmati liburan. 

 Bunuelos (dibaca : bunyols), dari bahasa Spanyol, artinya makanan yang digoreng. Bunuelos merupakan makanan tradisional khas Spanyol yang ditemui saat perayaan Natal dan tahun baru. Makanan tradisional khas Spanyol yang diadaptasi dari Arab ini ternyata juga merupakan salah satu camilan yang cukup populer di berbagai negara seperti Filipina, Turki, Yunani dan Maoko. 

Roti goreng yang manis ini bentuknya bulat sebesar bola golf, proses pembuatannya terbilang mudah. Bahkan nyaris mirip dengan olieballen. Adonan roti manis diberi bumbu rempah kemudian diberi isian selai, cokelat, keju, manisan buah atau yang lain. Sebagai lapisannya, roti goreng dibalut madu, gula bubuk atau gula pasir halus. Roti goreng ini enak dimakan hangat-hangat. Karena bagian luarnya renyah dan bagian dalamnya lembut berserat. Aroma wangi ragi dan mentega saat digoreng akan membuat roti ini makin menggiurkan. 

 Pada umunya roti tradisional ini, tidak hanya disajikan pada perayaan Natal saja, bisa sajikan pada hari besar lainnya. Di Meksiko, Bunuelos merupakan makanan penting yang tidak boleh terlewatkan. Biasanya bunuelos dinikmati bersama cokelat panas. 

4.Pita Bread (Roti khas Arab) 
  Untuk Roti yang satu ini memang sudah tak asing lagi bagi daku.soalnya selama daku tinggal di timur tengah(UEA)sering menjumpai roti jenis ini di toko kue ataupun supermarket.salah satu hidangan khas arab yaitu Shawarma selalu menggunakan roti ini sebagai pembungkusnya.atau bagi anda yang gemar menyantap kebab pasti sudah sangat familiar dengan roti ini. 

Pita Bread adalah sebuah roti kosong bulat yang banyak dikonsumsi dalam berbagai masakan Timur Tengah, Mediterania, dan Balkan. Roti ini terkenal di Yunani, Balkan, Levant, Jazirah Arab, dan Turki. Kantung udara di dalam roti pita ini diciptakan oleh uap air yang mengembangkan adonannya. Ketika roti mendingin dan menipis, kantung udara terbentuk di bagian tengahnya. 

Dari berbagai sumber,gambar dari unduh google image.

4 comments:

Rawins mengatakan...

kalodisini namanya roti bagelen kali yo om..?

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Lidya Fitrian mengatakan...

bukin laper aja nih :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Unknown mengatakan...

Roti khas indonesia kok kagak ada ya?/

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Unknown mengatakan...

ASS..WR.WB.SAYA IBU RITA TKI HONGKONG INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA MBAH GENEP,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN MBAH SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN KEBUN YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN MBAH GENEP,YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA 4D HONGKONG KEPADA SAYA DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI NO HP MBAH GENEP (_0_8_5_1_1_0_3_6_9_8_8_8_) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL MBAH GENEP SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI..
• لالله�أشهدألاإله إلاالله،وأشهدأن محمدرسوالله

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan

Posting Komentar