Selasa, 03 Mei 2011

Prosesi pernikahan Pangeran Williams dan Kate Middleton

prosesi pernikahan Pangeran Williams-Kate Middleton akan diawali dengan mengalirnya jemaat umum yang bermuara ke gereja berusia 10 abad, Katedral St Paul, Westminster Abbey, pada sekitar pukul 08.00 waktu Inggris atau pukul 14.00 WIB. Menyusul kemudian Perdana Menteri Inggris David Cameron, keluarga kerajaan asing, gubernur jenderal dari berbagai negara Persemakmuran, para diplomat, serta tamu-tamu penting lainnya.

Pada pukul 10.10, calon mempelai pria, Pangeraan William, didampingi adiknya Pangeran Harry, meninggalkan Clarence House, menuju Westminster Abbey. Mereka akan menempuhnya sekitar lima menit.

Pada saat bersamaan, ibu Kate Middleton, Carole Goldsmith , dan adik laki-lakinya, James, meninggalkan Hotel Goring untuk menuju Westminster Abbey. Di pihak lain, anggota keluarga jauh kerajaan meninggalkan Buckingham Palace.

Berselang lima menit dari mereka, paman mempelai pria, The Duke of York atau Pangeran Andrew, dan kedua putrinya, Beatrice serta Eugenie, berangkat. Menyusul kemudian, ayah kandung Pangeran William yang bergelar The Prince of Wales atau Pangeran Charles, meninggalkan Clarence House. Ia didampingi istrinya, Duchess of Cornwall, atau ibu tiri Pangeran William.

Pukul 10.40, giliran Ratu Elizabeth II dan suaminya, Duke of Edinburgh, meninggalkan Istana Buckingham. Tiga menit di belakangnya, barisan pagar ayu meninggalkan Hotel Goring.

Memasuki pukul 10.51, mempelai perempuan yang didampingi ayahnya, Michael Middleton, berangkat dari Hotel Goring. Tepat pukul 11.00, kebaktian pemberkatan pernikahan dimulai dan disiarkan lewat pengeras suara di sepanjang rute yang dilalui oleh keluarga kerajaan.

Lebih dari satu jam kemudian, atau pukul 12.15, pemberkatan dijadwalkan selesai. Iring-iringan kereta kuda yang membawa pasangan suami istri baru, dipimpin pasukan kavaleri, meninggalkan Westminster Abbey menujuk Istana Buckingham. Di belakangnya adalah kereta kuda yang membawa Ratu Elizabeth II.

Dalam waktu tempuh 15 menit kereta kuda itu tiba di Istana Buckingham. Sepuluh menit kemudian, anggota keluarga kerajaan Inggris dan keluarga kerajaan asing, bergabung.

Pada pukul 13.25, Ratu Elizabeth II bersama pasangan suami istri William dan Kate tampil di balkon Istana Buckingham, didampingi keluarga kerajaan lain. Begitu jarum jam menunjukkan pukul 13.30, pesawat Angkatan Udara Inggris melintas di atas Istana untuk merayakan pernikahan William-Kate.

sumber:republika.co.id

0 comments:

Posting Komentar