Selasa, 17 Mei 2011

Kulkas

Saat ini kulkas sudah menjadi barang kebutuhan hidup.dengan alat ini kita bisa menyimpan berbagai jenis bahan makanan agar tahan lebih lama.kulkas atau lemari pendingin ternyata mempunyai sejarah yang panjang maka baca artikel ini sampai habis.

Kemampuan kulkas mengawetkan makanan bukanya benda ini sakti loch.!sebenarnya,lemari es mampu mengeluarkan hawa dingin di dalamnya sehingga bakteri-bakteri pembusuk tidak bisa hidup dalam makanan.

Berabad-abad lalu,sebelum lemari es di temukan,orang Romawi kuno mengawetkan makanan menggunakan es yang mereka angkut dari puncak gunung,terbayangkan repotnya,untuk menyimpan makanan saja harus berlelah-lelah seperti itu.

Sementara di Meksiko,suku Aztek mengawetkan makanan menggunakan salju,caranya mereka menggali lubang berukuran besar,lalu bagian dasar dan sekelilingnya mereka lapisi dengan bilahan kayu atau jerami.barulah mereka meletakkan makanan,kemudian menutupnya dengan rapat.Dengan cara ini bahan makanan jadi lebih awet.

Penyimpanan dengan cara ini biasanya di lakukan oleh orang pada jaman dahulu ketika musim dingin tiba.Di musim salju kan sama sekali tak ada buah-buahan dan sayuran yang dapat mereka makan.soalnya kehudupan ketika itu benar-benar bergantung kepada alam.Nah berkat kulkas traditional itu makanan jadi awet dan pendudduk tidak kekurangan makanan.

Karena menginginkan cara yang lebih praktis ,di awal abad ke-18 orang-orang pintar di inggris mulai memikirkan membuat lemari pendingin.mereka merancang lemari sedemikian rupa,dengan bentuk yang sama sekali tidak sedap di pandang mata,ukurannya besar,mungkin selebar pintu rumah.terbuat dari besi kusam dan…..Uh berat banget.pintunya terbuat dari besi juga tebal dan berat.

Berbagai percobaan mereka lakukan dan berhasil.Lemari es pertama ini bisa mengeluarkan hawa dingin,maka orang-orang kaya inggris di abad itu sudah mempunyai kulkas si rumah masing-masing.Akan tetapi para pencipta kaget luas biasa.sekali waktu ada peristiwa orang-orang yang berada di rumah pemilik lemari es,meninggal semua.selidik punya selidik,mereka meninggal gara-gara kebocoran gas beracun yang di gunakan untuk mendinginkan kulkas itu.

Maka pada tahun 1929,gas ini di ganti dengan gas tak beracun yang di sebut Freon.Akan tetapi,belakangan ketahuan juga bahwa Freon menyebabkan kerusakan ozon pada atmosfir bumi.Freon ternyata tidak ramah lingkungan.Akhirnya gas ini pun di ganti juga dengan bahan lain yang sama.sama dapat mendinginkan tetapi aman bagi manusia dan lingkungan.

Kalau ingat kulkas atau lemari es jadi ingat waktu daku dan kawanka saat bekerja di singapura,waktu itu kawanka di suruh ambil barang di peti es ,daku dan kawanku hanya terbengong-bengong sambil sedikit bingung apa itu peti es.kami pun bertanya kepada bos kami apa itu peti es.dengan tersenyum dia membawa kami ke ciller tempat penyimpanan bahan makanan.ohh teryata peti es itu lemari pending in.dia cakap peti es karena dia orang melayu.

Duh… ternyata benda ini mempuyai sejarah yang cukup manakutkan,sampai-sampai orang mati karenanya.beruntung kita hidup sudah di jaman serba modern jadi tidak mengalami hal yang demikian.

Sumber:de Rarz blog.

2 comments:

Rahmawati nganjuk mengatakan...

saya rahmawati seorang TKI DI HONGKONG
pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
gaji suami sayah itupun buat makan sehari2 sedangkan hutang banyak
kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan
nomor MBAH jonoseuh katanya bisa bantu orang melunasi hutang
melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
hubungi dan minta angka bocoran hongkong
angka yang di berikan 4D
ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 277.jt
bagi saudarah-saudara di indonesia maupun di luar negri
apabila anda punya masalah hutang sudah lama belum lunas
jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
ini nomor tlpn mbah jonoseuh 0823 4444 5588
demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
dan ini bukan penipuan jadi silahkan anda buktikan sendiri..!!!

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Unknown mengatakan...

Wah makasih infonya, kemarin sempat ditawari pen jual display cooler itu sama kayak kulkas kan ya ? bedanya apa :o

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan

Posting Komentar