Kamis, 19 Mei 2011

5 Bandara Terbaik Dunia 2010

Kontes bandara terbaik dunia telah diadakan sejak tahun 1998. Kontes ini diikuti oleh seluruh negara di dunia, untuk tahun 2010 tercatat 190 negara mencalonkan bandaranya. Kontes ini diselenggarakan oleh spesialis penasihat peneliti industri transportasi udara yaitu Skytrax.

World Airport Awards™adalah pengakuan utama qualitas untuk industri bandara dunia, yang dinilai dari pelayanan front-line customer service dan juga fasilitas bandara secara keseluruhan.

Penilaian dilakukan melalui survei yang dilakukan selama 10 bulan. Survei ini mengukur lebih dari 38 aspek kepuasan penumpang bandara untuk produk dan layanan standar dan mengevaluasi dari pengalaman bandara secara tipikal. OK, langsung aja nih, 5 bandara terbaik dunia tahun 2010:

1.Singapore Changi Airport

Singapore Changi Airport

Gelar utama sebagai World’s Best Airport dianugerahi ke Singapore Changi Airport, dengan gelar Airport of the Year 2010 – Singapore Changi Airport juga mendapatkan gelar C Leisure Amenities and Best Airport Asia. Singapore Changi Airport menduduki peringkat ketiga pada tahun 2009 dan mengalahkan Incheon International Airport dan juga Hongkong International Airport pada tahun 2010.

2. Incheon International Airport (Korea Selatan)

Incheon Internasional Airport

Incheon International Airport adalah pemegang gelar Airport of the Year 2009, dan untuk tahun ini terpaksa harus tergeser menjadi posisi kedua. Selain itu pada tahun 2010, Incheon Internasional Airport memenangkan gelar khusus yaitu “winner of the Best Airport for International Transit award”, diikuti oleh Singapore Changi Airport pada posisi kedua dan Munich Airport (Jerman) pada posisi ketiga.

3. Hong Kong International Airport
Hong Kong International Airport turun menjadi peringkat ketiga yang pada tahun 2009 meraih perinkat kedua untuk Airport of The Year. Hong Kong International Airport pada tahun 2010 ini memenangkan kategori “Best Airport Washrooms Award 2010″, diikuti oleh Incheon International Airport pada posisi kedua and Kansai International Airport (jepang) pada posisi ketiga.



4. Munich Airport (Jerman)

Munich Airport

Munich Airport mengalami peningkatan pada tahun 2010, yang pada awalnya menduduki peringkat kelima Airpor of the Year 2009. Namun Pada taun 2010 ini, Munich Airport tidak mendapatkan gelar pada kategori-kategori yang lain.


5. Kuala Lumpur International Airport (Malaysia)

Kuala Lumpur International Airport

Dan pada posisi kelima Airport of the Year 2010 adalah tetangga kita sendiri yaitu malaysia. Kuala Lumpur Int’l Airport mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu naik dua peringkat dari sebelumnya tahun 2009. Selain itu Kuala Lumpur Int’l Airport juga dianugerahi gelar “Best Airport Immigration Award 2010″, diikuti oleh Beijing Capital International Airport pada peringkat kedua and Singapore Changi Airport pada peringkat ketiga.

Itulah 5 Bandara Terbaik Didunia 2010, dan diikuti oleh Zurich Airport, Amsterdam Schiphol Airport, Beijing Capital International Airport, Auckland Int’l Airport, Bangkok Suvarnabhumi Airport.

Bagaimana dengan Indonesia? Jangan pesimis dulu.. Bandara Soekarna Hatta Jakarta mendapatkan peringkat kedua dalam hal ketepatan waktu, baik keberangkatan maupun kedatangan. Peringkat pertama diduduki oleh Hanada Airport , Tokyo, Jepang 2. Soekarno-Hatta, Jakarta, Indonesia 3. Narita International Airport, Tokyo, Jepang 4. Incheon International Airport, Seoul, Korea Selatan 5. Suvarnabhumi Airport, Bangkok, Thailand 6. Minneapolis St.Paul International Airport, Minnesota, USA.

sumber:www.lararash.com

0 comments:

Posting Komentar