Sabtu, 23 April 2011

Miss Universe

Miss Universe adalah sebuah kontes kecantikan yang awalnya merupakan cara Pacific Mills untuk mempromosikan produk pakaian renang Catalina mereka pada 1952. Pada tahun 1996, Donald Trump membeli hak kepemilikan kontes ini yang kemudian ditayangkan CBS dan pada 2003 beralih ke NBC. Miss Universe merupakan acara yang prestisius terutama bagi penduduk kawasan Amerika Latin.

Pada tahap awal, peserta Miss Universe mengikuti kontes di negaranya masing-masing dan kemudian memegang gelar Miss negara tersebut seperti Miss Canada atau Miss U.S.A. dan kemudian dikirim mengikuti kontes Miss Universe yang diadakan Organisasi Miss Universe.

Karena berbagai macam situasi, jumlah negara peserta selalu berubah; ada yang keluar dan ada yang baru ikut serta. Beberapa peserta baru antara lain:

2004 Ethiopia
Georgia
Vietnam
2005 Latvia
2006 Kazakhstan
2007 Montenegro
Serbia
Tanzania
2008 Kosovo

Sedangkan negara yang selalu ikut serta sejak 1952 adalah Perancis, Jerman, AS, dan Kanada.

Menurut penyelenggara, para peserta baik di tingkat negara maupun dunia, dinilai bukan hanya dari kecantikannya namun termasuk juga kepandaiannya dan sopan santunnya yang dikenal juga dengan 3B yaitu Brain, Beauty, dan Behavior (otak (kecerdasan), kecantikan, dan tingkah laku).
Pada ajang ini, kontestan yang dipilih untuk masuk ke babak semifinal ialah sebanyak 15 besar. Namun pada tahun 2006, jumlah kontestan yang terpilih adalah 20 orang.

Pemenang pertama adalah Armi Kuusela dari Finlandia dan sampai saat ini, Amerika Serikat sudah menang 7 kali; Venezuela 6 kali dan Puerto Riko 5 kali dan beberapa negara lain yang menang sekali atau dua kali.

Irene Sáez, Miss Universe 1981, mengikuti pemilihan Presiden Venezuela pada 1998 namun kalah dari Hugo Chávez sedangkan Oxana Fedorova dari Rusia, Miss Universe 2002 karena dianggap gagal melaksanakan tugas-tugas keratuannya menyerahkan gelarnya pada Justine Pasek dari Panama yang merupakan runner-up.

Tiap tahunnya, tidak saja dipilih Miss Universe, tetapi juga dipilih Miss atribut lain seperti Miss Photogenic sejak tahun 1956, Best in Swimsuit Award yang diadakan sejak tahun 1992 hingga 2002, Best Hair/Style Award sejak tahun 1993 hingga 2001 dan Best National Costume sejak tahun 1962 hingga 2006, juga Miss Congeniality sejak tahun awal hingga kini

indonesia pun dalam kontes yang satu ini tidak mau ketinggalan.walaupun banyak pihak yang pro atau pun kontra dalam ke ikut sertaan indonesia dalam ajang ini.indonesia mulai ambil bagian di mulai dari tahun 1994 yaitu putri indonesia 1994 bernama Vena melinda tapi hanya sebagai pengamat.baru pada tahun 1995 indonesia benar-benar menjadi peserta di ajang kontes ini dengan mengirimkan Alya Rohali(putri indonesia 1995.semenjak itu indonesia selalu mengirimkan wakilnya di ajang pemilihan ratu sejagat,walaupun belum ada yang mencapai prestasi yang membanggakan,kecuali Artika Sari Devi yang bisa masuk babak 15 besar.

sumber:wikipedia.

0 comments:

Posting Komentar