Rabu, 30 Maret 2011

1,2,3 Smile please

Dalam fisiologi, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan bibir atau kedua ujungnya,atau pula di sekitar mata.kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang.senyum itu datang dari rasa kebahagian atau kesengajaan karena adanya sesuatu yang membuat orang tersenyum.seseorang sendiri senyum umumnya Berta bah baik raut wajahnya atau menjadi lebih cantik ketimbang ketika dia biasa saja atau ketika marah.

Senyum sehat adalah senyum yang di sebabkan olek kondisi “well being” baik fisik,mental,maupun sosial.kalau senyum “sakit”,misalnya senyum sinis itu senyum sakit sosial.kalau senyum-senyum sendiri itu sakit mental. kalau senyum sambil meringis itu senyum fisik.Nah kalau senyum sambil tangannya ngambil barang di toko itu apa?

Rahasia panjang umur ternyata bisa sesederhana merekahnya sebuah senyuman.semakin lebar dan semakin dalam lipatan di sekitar mata anda ketika tersenyum,semakin besar pula kemungkinan anda hidup lebih lama.
Kaitannya antara senyum dan umur panjang di ungkapkan oleh peneliti dalam sebuah riset yang di muat di journal Psychological Science.temuan baru ini menambah bukti lain bahwa dengan kebahagiaan dan gembira memberi pengaruh kuat bagi kualitas kesehatan dan harapan hidup.

Peneliti percaya,lebarnya senyuman dan dalamnya kerutan di sekitar mata adalah cermin positif dari hidup seseorang yang dapat di terjemahkan dalam kesehatan jangka panjang yang lebih baik.kesimpulan ini merupakan hasil studi terhadap foto-foto berusia tua.

Para ahli dari Wayne State University,Michigan,meneliti,230 gambar pemain bola bisbol yang di cetak dengan data registrasi tahun 1952.Daftar ini memuat semua profil dan statistik pemain,seperti tanggal lahir,berat,status perkawinan dan karier.

Para ahli membuat peringkat pemain berdasarkan bentuk senyuman.ada sekelompok pemain yang tak tersenyum sama sekali,tersenyum parsial(sebagian otot di sekitar mulut saja yang aktif),serta senyum lebar(di tandai tawa lepas dengan gigi yang tampak,pipi yang naik turun,dan lipatan di sekitar mata).

Foto-foto ini lalu di bandingkan dengan usia dan harapan hidup setiap pemain.hasil analisis menunjukkan,184 pemain tercatat sudah meninggal.mereka termasuk kategori”tanpa senyum”hidup dengan usia rata-rata 72,9 tahun.

Di antara kelompok senyum”senyum parsial”,harapan hidupnya rata-rata mencapai 75 tahun.Adapun mereka yang senyumnya paling lebar memiliki usia rata-rata 79,9 tahun atau 7 tahun lebih panjang dari rekannya yang “jarang senyum”.

Riset juga menemukan bahwa “senyuman palsu” tidak memberikan manfaat sama sekali karena penambahan angka harapan hidup hanya terlihat pada pemain yang memiliki senyum asli yang di kenal dengan Duchenne Smile.
Senyum Duchenne mengaktifkan kelompok otot di sekitar mata dan mulut.istilah ini di luncurkan oleh seorang ahli saraf pada abad ke-19.Senyum ini berbeda dengan senyum palsu yang hanya melibatkan otot di sekitar mulut.

Manfaat senyum antara lain:

1.senyum membuat anda lebih menarik.orang yang banyak tersenyum memiliki daya tarik,orang yang suka tersenyum membuat orang di sekitarnya nyaman dan senang.orang yang selalu merengut,cemberut,mengerutkan dahi dan menyeringai membuat orang di sekitarnya merasa tidak nyaman.

2.senyum mengubah perasaan.jika anda sedang sedih,cobalah tersenyum.senyuman akan membuat perasaan lebih baik.menurut penelitian,senyum bisa memperdaya tubuh sehingga perasaan berubah.

3.senyum menular.ketika seseorang tersenyum,ia akan membuat suasana menjadi riang.orang di sekitar anda pasti ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia.

4.senyum menghilangkan stress.stress bisa terlihat di wajah.senyuman bisa menghilangkan mimik lelah,bosan,dan sedih.ketika anda stress ambil waktu untuk tersenyum.senyuman akan mengurangi stress dan membuat pikiran lebih jernih.

5.senyum meningkatkan imunitas.senyum membuat sistim imun bekerja lebih baik.fungsi imun tubuh bekerja secara maksimal saat seseorang merasa rileks.menurut penelitian flu dan batuk bisa hilang dengan senyum.

6.senyum menurunkan tekanan darah.tidak percaya?coba anda mencatat tekanan darah saat anda tidak tersenyum dan catat tekanan darah anda saat tersenyum saat di periksa.tekanan darah anda saat tersenyum pasti lebih rendah.

7.senyum melepas endorphin,pemati rasa alamiah,dan serotonin.senyum ibarat obat alami.senyum bisa menghasilkan endorphin,pemati rasa secara alamiah,dan serotonin.ketiganya adalah hormon yang bisa mengendalikan rasa sakit.

8.senyum membuat awet muda.senyuman menggerakan banyak otot.akibatnya otot wajah terlatih sehingga anda tidak perlu melakukan face lift.di jamin dengan banyak tersenyum anda akan terlihat lebih muda.
9.senyum membuat anda Kelihatan sukses.orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri,terkenal dan bisa di andalkan.pasang senyum saat rapat atau bertemu klien.pasti kolega anda akan melihat anda lebih baik.

10.senyum membuat orang berfikir positif.coba lakukan ini,pikirkan hal buruk sambil tersenyum.pasti susah,penyebabnya ketika anda tersenyum tubuh mengirim sinyal”hidup lebih baik”.sehingga saat tersenyum tubuh menerima sinyal sebagai anugerah.

Jadi mulai saat ini, tersenyumlah dengan lepas agar anda sehat dan panjang umur.juga senyum itu bagian dari ibadah yang dapat memberikan kesejukan hati bagi setiap orang yang melihat senyum anda. senyumlah dengan tulus,tapi jangan senyum membawa luka seperti salah satu judul lagu dangdut.Sudahkah anda tersenyum hari ini????.salam love,peace and gaul…

Dari berbagai sumber
Sumber foto dari:http//rowlandom.word press.com






0 comments:

Posting Komentar