Sabtu, 10 April 2010

Shisha,Hookah

Selama aku tinggal di uni emirat arab teman-teman ku yang berasal dari negara arab selalu menawarkan rokok yang satu ini,katanya kalau rokok yang satu ini rasanya lain dan beda , bagaimana pun dan apa macamnya aku tetap gak suka karena aku gak merokok,coba dech pasti kamu suka mereka berpromosi dengan yakin kalau gue akan melirik benda tersebut.

Hookah(hindi),Nargile(Turki),Nargilan,di Siprus yunani,narjileh ,di libanon ,suriah,dan palestina atau shisha.shisha adalah kegiatan menghirup aroma buah -buahan dan tembakau yang di bakar lalu uapnya di alirkan melalui pipa atau bejana dan di hirup oleh hidung melalui selang.kata shisha berasal dari bahasa persia "shishe yang berarti gelas.merokok gaya pipa berair atau shisha sudah menjadi bagian gaya hidup penduduk di timur tengah berabad-abad lamanya,catatan menuniasaan itu ada sejak abad ke 16 di india.

Hookah di temukan di india di istana kaisar mughal akbar(1542-1605 AD) setelah pengenalan eropa tembakau ke india,hakim abul fateh gilani keturunan Abdul Qodir al gilani datang dari bagdad ke india yang kemudian seorang dokter istana mughal menyuarakan keprihatinan sesudah merokok tembakau menjadi populer di kalangan bangsawan india,dan kemudian membayangkan sebuah sistim yang memungkinkan asap harus melewati air agar dapat di sucikan.gilani memperkenalkan hookah setelah Asad beg,kemudian duta bijafur,mendorong akbar untuk mengambil merokok mengikuti popularitas di kalangan bangsawan ,perangkat baru ini untuk merokok segera menjadi simbol status bagi bangsawan india dan bangsawan.

Di dunia arab orang merokok itu sebagai bagian dari budaya dan tradisi mereka .merokok sosial di lakukan dengan satu atau dua selang dan kadang-kadang lebih banyak selang tiga atau empat.telah di catat bahwa orang arab adalah perokok shisha terbesar di dunia.

Di Iran ,hookah di kenal sebagai ghalyun(bahasa persia),hookah/shisha dengan merokok sangat populer dengan orang-orang muda di iran ,dan banyak orang muda dapat di lihat mereka merokok di toko-toko teh lokal.hookah itu sampai saat ini di sajikan untuk semua umur,para pejabat iran mengesahkan uu yang melarang penggunaan oleh orang-orang di bawah 20.

Di Israel ,merokok nargila(istilah israel hookah),bukan hanya sebuah tradisi tetapi budaya .nargila adalah umum di kalangan mizrahi yahudi imigran iran,irak,turki,dan yaman.pada tahun 2005 di sebabkan oleh peningkatan penggunaan di kalangan kaum muda,kampanye ini di luncurkan oleh asosiasi kanker israel terhadap bahaya merokok nargila dan IDF telah melarang penggunaan nargila oleh tentara di dalam basis.

Ada tiga tipe rokok arab dari timur tengah:

tipe:1 shisha dengan karbon ringan berjumlah sedikit


tipe:2 shisha dengan karbon ringan berjumlah banyak

tipe:3 shisha dengan karbon alami bervolume sedkikit


parameter yang di gunakan sebagai ukuran perbandingan dengan rokok yakni jumlah tar,karbon monoksida dan nikotin.

Selama ini shisha di anggap aman-aman saja dan tidak menimbulkan epek yang berbahaya,namun para peneliti dari departement of health and centre for tobacco control menjebutkan bahwa shisha sama berbahayanya dengan rokok karena dapat meningkatkan level karbon monoksida dalam tubuh.

Bahkan dalam satu sesi kegiatan ,shisha di temukan empat hingga lima kali level karbon monoksida yang lebih banyak di banding pada rokok yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan tidak sadar.Menurut Dr.Hilary Wareing pada tingkat yang sangat parah ,shisha bisa lebih berbahaya 400 hingga 450 kali daripada rokok,sangat berbahaya kan!

Selama ini orang-orang yang tidak merokok menyalurkan hasrat merokok mereka lewat shisha. aktivitas yang di usung oleh kalangan timur tengah itu saat ini sudah menjadi tren di beberapa cafe atau pesta.banyak orang yang pergi ke tempat shisha sebagai alternatif merokok,hal ini justru menjadi salah konsepsi masyarakat.dengan adanya penelitian tersebut di harapkan orang akan berpikir dua kali untuk bershisha.

dari berbagai sumber.

0 comments:

Posting Komentar