Sabtu, 10 April 2010

Keistimewaan Unta

Tau unta kan? hewan padang pasir yang identik dengan gurun ini dan dapat hidup di suhu yang sangat panas ternyata mempunyai berbagai macam keistimewaan.kalau aku perhatikan hewan ini mempunyai bulu mata yang lentik dan indah seperti layaknya seorang perempuan,bahkan teman-temanku bilang kalau aku sedang memperhatikan hewan ini,ada yang suka guyon" Duh serius bangat lihatnya mau kawin sama onta yah"katanya,,hehe.


Masih mending melihat unta lama-lama daripada melihat perempuan arab harus berhati-hati ,mengapa?di tanah arab jangan melihat perempuan arab berlama-lama apalagi yang jamilah(cantik)bahaya,ini berdasarkan pengalaman temanku yang melihat gadis arab berlama-lama dan ternyata perempuan itu tidak suka lalu dia telpon polisi dan temanku mau di masukkan penjara untung temanku minta ma'af kalau kita baru pertama kali datang ke emirat dan perempuan itu pun mema'afkan gak jadi dech masuk penjaranya,gak kebayangkan mau lihat gadis cantik aja harus berakhir di jeruji besi.kalau melihat cowok arab kan gak mungkin kan lagian kalau lihat cowok-cowok arab suka jengkel habis kebanyakan jamil (ganteng)semua kan jadi saingan hehe,percaya diri mode on.

Buatku melihat unta tak perlu jauh-jauh ke kebun binatang karena selama aku tinggal di Al-Markhania dekat sekali dengan unta,apakah itu peternakan unta atau penangkaran unta aku gak tau persis ,yang jelas aku enjoy aja wisata lihat unta dan keindahan gurun pasir.


kembali ke topik utama kalau unta memilki beberapa keistimewaan antara lain:


Punuk unta sebagai simpanan makanan


punuk unta yang merupakan gundukan lemak ,menjadikan sari makanan bagi hewan ini secara berkala ketika ia mengalami kesulitan makananan dan kelaparan.dengan sistim ini unta dapat hidup hingga tiga pekan tanpa air.selama masa itu unta kehilangan 33% berat badanya.dalam kondisi yang sama .seorang manusia akan kehilangan 8% berat badanya dan meninggal dalam waktu 36 jam .dan kehilangan air dari tubuhnya.


Bulu tebal yang menyekat panas


Bulu tebal yang tidak tertembus pada tubuh unta mencegah matahari padang pasir yang terik mencapai kulitnya.bulu in juga menghangatkan unta dalam kondisi cuaca yang membekukan.unta padang pasir tidak terpengaruh suhu setinggi 50 C,dan unta Bakria yang berunuk dua mampu bertahan hidup pada suhu hingga serendah -50c.unta jenis ini mampu bertahan hidup bahkan pada lembah -lembah dataran tinggi 4000m di atas permukaan laut.unta Drome bahkan dapat bertahan hidup pada suhu -52c di wilayah yang paling tinggi di asia tengah.


bulu tebal ini terdiri dari rambut tebal dan kusut ,tidak hanya melindungi tubuh dari cuaca dingin maupun panas,tetapi juga mengurangi kehilangan air dari tubuh .unta Drome dari dapat memperlambat penguapan air dengan meningkatkan suhu tubuhnya sampai 41c.dengan ini ia mencegah kehilangan air.


Daya tahan luar biasa dari lapar dan haus


unta dapat bertahan hidup tanpa makanan dan air selama delapan hari pada suhu 50c.pada masa ini ia kehilangan air setara 22% dari keseluruhan berat badanya.sementara manusia akan sekarat jika kehilangan air12% berat badan,seekor unta kurus dapat bertahan hidup kendatipun kehilangan air setara 40% keseluruhan berat badan.


penyebab lain kemampuan bertahan haus adalah adanya mekanisme yang memungkinkan unta meningkatkan suhu tubuhnya dalamnya hingga 41c.dengan demekian ia mampu meminimalkan kehilangan air dalam iklim panas yang ekstrim di gurun pasir pada siang hari.unta juga mampu mengurangi suhu tubuh dalamnya hingga 30c pada malam yang dingin di padang pasir.


Unta pengguna air yang baik


unta mampu mengkonsumsi air hingga 30 liter,yaitu sekitar sepertiga dari berat tubuhnya .dalam kurang dari 10 menit.di samping itu unta memiliki stuktur selaput lendir dalam hidungnya yang seratus kali lebih besar daripada manusia.dengan selaput lendir hidungnya yang besar dan melengkung unta mampu menyerap 66% kelembapan yang ada di udara.


Memanfa'atkan makanan dan air


sebagian besar binatang mati keracunan ketika urea yang tertimbun dalam ginjal berdifusi ke dalam darah.akan tetapi ,unta menggunakan air dan makanan secara maksimal dengan melewatkan urea ini berkali-kali melalui hati struktur darah dan sel unta di khususkan untuk membuat hewan ini hidup lama tanpa air dalam kondisi padang pasir.


dinding sel hewan ini memiliki struktur khusus yang mampu mencegah kehilangan air secara berlebihan .punuk adalah pendukung lain bagi unta .seperlima dari seluruh berat badan unta tersimpan dalam bentuk lemak di tubuhnya.penyimpanan lemak tubuh hanya satu bagian tubuh mencegah pengeluaran air dari seluruh tubuhnya yang berkaitan dengan lemak ini.ini memungkinkan unta menggunakan air secara minimum.walau mampu mengkonsumsi 30-50 kg makanan dalam sehari,dalam kondisi ang keras unta mampu bertahan hidup hingga sebulan hanya dengan 2 kg rumput sehari.


Mereka bahkan dapat memakan duri


unta memiliki bibir yang sangat kuat dan mirip karet ,yang memungkinkan memakan duri yang cukup tajam untuk menusuk kulit tebal.di damping itu unta memiliki lambung berbilik empat dan sistem percernaan yang sangat kuat,yang mampu mencerna apapun yang ia makan .bahkan ia mampu memakan bahan seperti karet india ,yanh tidak di anggap sebagai makanan.sungguh pentingnya kualitas ini pada iklim yang sedemikian kering.


Perlindungan terhadap badai pasir


mata unta memiliki lapisan 2 lapisan bulu mata ,bulu mata ini saling kait seperti perangkap yang melindungi dari badai pasir yang kuat.selain itu unta mampu menutup lubang hidungnya ,sehingga pasir tidak dapat masuk .


Perlindungan terhadap pasir yang membakar


lututnya tertutup kepalan ,yang terbentuk dari kulit sekeras dan setebal tanduk.ketika hewan ini berbaring di pasir yang panas struktur berkapalan ini melindungi dari luka akibat permukaan tanah yang sangat panas.kaki unta yang terlalu besar bagi tungkainya ,secara khusus di desain dan di perlebar untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok kaki ini telapaknya luar dan menggelembung.selain itu ,kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang membakar.


daripada lihat lihat gadis arab nanti bisa masuk penjara ,lebih baik lihat unta sampai mata belekan juga tuh unta akan enjoy-enjoy aja gak akan marah,,mungkin kalau unta bisa bicara dia akan bilang"Belum pernah lihat perempuan unta cantik" hehe.


sumber:www Harun yahya.com.

0 comments:

Posting Komentar