Selasa, 23 Maret 2010

Sering on -line,Berhati-hatilah

Sebuah fakta mengejutkan di lontarkan AVG,perusahaan anti virus global yang yang berdiri sejak tahun 1991.Berdasarkan survei yang di lakukan AVG bersama CMO council terkuak adanya fakta pencurian data dan infeksi dari personal computer (PC) yang semakin gencar.orang yang bergabung dengan komunitas on-line melalui koneksi di rumah dan tempat kerja.

Polling yang bertajuk Bringing social security to the on -line community (memberikan keamanan social dalam komunitas on-line) yang di umumkan pada hari rabu(2/9) menggaris bawahi mengenai kerentanan anggota komunitas terhadap keamanan cyber,berikut solusi penanggulangannya.

Survey tersebut di lakukan secara on-line selama kuartal kedua 2009.survey tersebut menghasilkan respon yang di kumpulkan secara acak dari 250 pengguna on-line.jejak pendapat tersebut juga berhasil membeberkan beberapa kebiasaan yang sering lalai di lakukan ,padahal sebenarnya itu merupakan kunci pengguna komunitas on-line terhindar dari pencurian data maupun infeksi PC.

Penggantian password,penambahan privacy setting dan memberi informasi pada administrator situs social adalah tiga hal keamanan dasar yang sering lalai di perhatikan.

Fakta saat ini adalah,pengguna Memahami risiko yang dapat di alami ,namun acapkali gagal untuk melakukan tindakan pencegahan dasar untuk melindungi,hal ini menunjukan sebuah tantangan yang menarik bagi perusahaan seperti AVG yang bekerja untuk menciptakan sebuah komunitas cyber yang lebih aman ungkap Slobhan Mac Dermoth (head of public policy ,corporate communication and investor relation ,AVG techonologies).

Namun jangan khawatir pasalnya kini ada banyak cara yang dapat di gunakan untuk menghindari ancaman terhadap situs jejaring social .Mac Dermont menawarkan enam langkah yang mudah dan aman yaitu:

1.jangan menerima pop-ups atau prompats dari software kecuali anda di lengkapi dengan web scanner seperti AVG free link scanner yang memeriksa setiap situs dari infeksi tertentu sebelum di akses.

2.jangan pernah menyediakan,mengirim atau men submit data pribadi yang sipatnya rahasia (contoh:data bank atau catatan medis).situs pertemanan atau situs social tidak pernah meminta informasi sejenis ini untuk bergabung kecuali anda mangikuti layanan kencan on-line atau membayar per bulan.

3.ubah password anda paling tidak sebulan sekali ,jangan di ganti apabila anda di undang ke dalamnya bisa jadi ini ancaman dari pihak ke tiga.

4.jangan mengizinkan teman,rekan kerja ,dan lain lain-lain mengakses situs social dari computer anda ,atau sebaliknya.hal ini bisa menimbulkan infeksi pada computer anda melalui praktek yang tidak aman atau log-in anda bisa saja tersimpan pada cookies di computer anda.

5.jangan pernah menyimpan secara otomatis password dan bersihkan history setiap seminggu sekali.

6.jangan pernah menerima friend reguest atau reguest friends yang tidak benat-benar anda kenal.

Sumber:Sripoku.
16,februari 2010.

0 comments:

Posting Komentar