Selasa, 23 Maret 2010

mau sehat?jangan lupa makan ice cream

ice cream apa yang paling anda suka?vanilla,coklat,stroberry,durian,nanas,pisang,atau mixed?ice cream dari namanya sudah terbayang kelezatannya.setiap anak pasti suka nikmatnya es cream.bahkan anak-anak merengek dengan sekuat tenaga saat ingin di belikan es cream .namun banyak orang tua melarang anaknya makan es krim hanya karena sedang flu atau takut anaknya terlalu gemuk.wah kalau begitu anda rugi sekali .baca artikel ini sampai habis,karena es krim sangat baik untuk kesehatan anda.

Asal es krim

es krim di kenal sejak zaman romawi yaitu pada tahun 400 tahun SM.pruduksi es krim secara komersial di lalukan pada abad 18,menyusul di temukannya mesin frezzerpada tahun 1846.pabrik es krim pertama kali di bangun di Baltimore ,Amerika sarikat ,pada tahun 1851.

es ktim dapat di katakan sebagai jenis hidangan paling populer di dunia .pada tahun 2003,produksi es krim dunia mencapai lebih dari 1 milyar liter dan di konsumsi oleh milyaran konsumen per tahun.
menurut standar nasional indonesia ,es krim adalah sejenis makanan semi padat yang di buat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu,lemak hewani atau nabati ,gula dan dengan atau tanpa bahan makanan lain yang di izinkan .Di pasaran es krim di golongkan atas kategori ekonomi,good,average,dan Duluxe.

perbedaan utama dari ketiga jenis es krim terletak pada kandungan lemak susunya.saat ini di pasaran juga di kenal es krim rendah lemak.yaitu es krim yang di reduksi kandungan lemaknya per takaran saja.reduksi yang di lakukan umumya sebesar 25 hingga 50% dari jumlah normal.jadi kandungan lemak dalam es krim rendah lemak hanya sekitar 2-6%.

Manfa'at es krim

1.kandungan kalsium pada es krim bermanfa'at untuk menjaga kepadatan massa tulang .pencegahan osteoporosis ,kanker,serta hipertensi.

2.Bergizi tinggi dan tidak membuat gemuk.
es krim memang mengandung lemak,terutama lemak jenuh,hal ini banyak orang menghindari es krim karena takut gemuk,padahal kontribusi energi es krim per takaran saja(satu cangkir)hanya sebesar 10% dari total kebutuhan energi dan kontribusi lemaknya sekitar 15% dari total kebutuhan per hari.jumlah tersebut termasuk kecil,sehingga kurang pas jika es krim di tuduh sebagai biang keladi penyebab kegemukan atas obesitas.

3.Tak menyebabkan filek
es krim bukan penyebab batuk pilek .sebab ketika masuk ke mulut,es krim dengan segera akan meleleh.pelelehan es krim dengan cepat ,di pacu oleh pengaruh suhu tubuh,sehingga saat es krim masuk ke kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin es.

4.Anti tumor dan HIV
25%-30% kandungan es krim adalah susu.susu tersusun dari laktoperin yang memiliki peran sebagai zat pertahanan tubuh non spesipik terhadap patogen .laktoperin juga memilki aktivitas anti virar ,terutama cytomegalovirus ,influensa,dan HIV.

Manis ,lezat ,bergizi tinggi pula.apakah anda masih ragu untuk makan es krim?jangan lupa sajikan es krim sebagai kudapan sehat anda.

Sumber:Http//www.benih.net/lifestyle/gaya-hidup/mau-sehat-jangan-lupa-makan-ice-cream.html#more559

0 comments:

Posting Komentar