Senin, 05 Desember 2011

10 manfaat Pepaya

Buah pepaya,from google image
Pernahkah Blogger sekalian suatu hari mengalami hal yang sangat tidak menyenangkan dengan pencernaan anda.salah satu problemnya adalah ketika kita mau Buang air besar.sudah berjam-jam kita di kamar mandi tapi si pups tidak juga mau keluar,saat keluar pun keras kadang berdarah.kalau di biarkan terus menerus tentu akan fatal akibatnya.masalah susah BAB di sebabkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan berserat.

Salah satu solusi yang sering kita pakai untuk menanggulangi hal itu adalah dengan mengkonsumsi minuman pelancar BAB yang banyak di tawarkan sekarang ini.namun bagi sebagian orang makan buah pepayalah yang merupakan obat yang paling mujarab untuk mengatasi hal tersebut.resep turun- temurun ini banyak di pilih orang karena lebih praktis,murah meriah dan tak mengandung resiko yang berarti. tak hanya sebatas itu saja kegunaanya,ternyata buah ini mempunyai begitu banyak manfaat bagi tubuh.

Nama latinnya Carica papaya.masyarakat Australia menyebutnya paw-paw.dan orang Indonesia mengenalnya dengan nama pepaya.buah ini tersohor sebagai tanaman obat di berbagai belahan dunia.khasiatnya bisa di petik dari hampir seluruh bagian tanaman,namun buahnyalah yang paling sering di gunakan karena mudah di dapat dan lezat.

Bagi anda yang suka menyantap buah papaya,ada baiknya mengetahui keistimewaan buah yang satu ini agar keyakinan anda untuk mengonsumsinya kian bertambah.seandainya anda jarang memakan papaya,maka untuk andalah artikel ini di buat agar anda tergerak untuk mencicipi dan menyukainya.Nah inilah 10 hal penting yang bisa membuat anda ‘Jatuh cinta’padanya.

1.Buah papaya mengandung berbagai jenis enzim,vitamin dan mineral.malah kandungan vitamin A –nya lebih banyak daripada wortel.dan vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk.kaya pula dengan vitamin B kompleks dan vitamin E.

2.Buah papaya mengandung enzim papain.enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein.mencerna protein merupakan problem utama yang umumnya di hadapi banyak orang dalam pola makan sehari-hari.Tubuh mempunyai keterbatasan dalam mencerna protein yang disebabkan kurangnya pengeluaran asam hidroklorat di lambung.

3.Kadar protein dalam buah papaya tidak terlalu tinggi,hanya 4-6 gram per kilogram berat buah.Tapi jumlah yang sedikit ini hamper seluruhnya dapat di cerna dan diserap tubuh.ini di sebabkan enzim papain dalam papaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri.daya cerna terhadap protein ini mengingatkan kita untuk lebih cermat memilih makanan.makanan yang mengandung protein tinggi belum tentu bisa bermanfaat bagi tubuh.yang penting adalah mudah atau tidaknya protein itu diserap tubuh.

4.papain bisa mencegah protein menjadi arginin.senyawa arginin merupakan salah satu asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak bisa diproduksi dan biasa diperoleh melalui makanan seperti telur dan ragi.namun bila enzim papain terlibat dalam proses pencernaan protein,secara alami sebagian protein dapat duibah menjadi arginin .proses pembentukan arginin dendan papain ini turut mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang popular dengan sebutan Human Grown Hormon(HGN),sebab argirin merupakan salah satu sarat wajib dalam pembentukan HGN.Nah HGN inilah yang membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak tubuh.informasi penting lain,uji laboratorium menunjukkan argirin menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

5. Papain juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga berbentuk senyawa amino yang bersifat autointoxicating atau otomatis menghilangkan terbentuknya subtansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna.tekanan darah tinggi,susah buang air besar,radang sendi,epilepsi dan kencing manis merupakan penyakit-penyakit yang muncul karena proses pencernaan yang tidak sempurna.papain tidak dapat mencegahnya,namun setidaknya dapat meminimalkan efek negative yang muncul.yang jelas papain dapat membantu mewujudkan proses pencernaan makanan yang lebih baik.

6.Papain berfungsi membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh.dengan sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan.

7.Pepaya juga dapat mempercepat pencernaan karbohidrat dan lemak.enzim papain mampu memecah serat-serat daging,sehingga daging lebih mudah di cerna.tidak heran bila pepaya sering dijadikan bahan mengempuk daging,terutama untuk membuatan sate atau masakan semur.

8.Pepaya memiliki sifat antiseptik dan membantu mencegah perkembangan bakteri yang merugikan dalam usus.pepaya membantu menormalkan ph usus sehingga keadaan flora usus pun menjadi normal.

9.Papain terbentuk di seluruh bagian buah,baik kulit,daging buah,maupun bijinya.jadi sebaiknya pepaya dimanfaatkan secara seutuhnya.malah bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan,disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya beserta bijinya.

10.Buah yang masih mengkal atau separuh matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dari buah matang.namun wanita yang ingin memiliki anak atau sedang hamil dilarang mengonsumsinya,karena buah mentah dan mengkal mempunyai efek menggugurkan kandungan.karena efek yang satu ini,di berbagai negara seperti Papua Nugini dan Peru,pepaya digunakan sebagai alat kontrasepsi.saran untuk wanita hamil,bila ingin mendapatkan Khasiat pepaya,makanlah buah yang sudah matang saja.

Sumber:Majalah Human Health.

16 comments:

Rohis Facebook mengatakan...

buah pepaya.., jadi ingat sama rujak ni..,*ngiler..., setelah baca jadi semangat pengen beli Rujak heheh..

infox lengkap banget pak.., thx dah sharing ilmu *smile

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
anisayu mengatakan...

buah pepaya murah dan mudah didapat bayak manfaatya lagi buat tubuh sehat mata jernih saat lihat...

mantab... :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadinilan mengatakan...

@Rohis Facebook
mau ngerujak yah,ikut dong.
sama-sam ,love,peace and gaul.

@anisayu:salam mantap,love,peace and gaul.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Kak Rin!!! mengatakan...

Aku lebih suka kates :P

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Kevin mengatakan...

Kak Rin :
bedanya kates sama pepaya apa?
setahu saya sama aja.

Admin:
salam kenal.
kalau buah pepaya dimakan sambil ditaburi gula itu menghilangkan khasiatnya gak?

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
zone mengatakan...

perhatian: kalau kebanykan makan buah pepaya bisa mencret lho...
:P
(pengalaman)
tp kata ibu saya bikin kulit jd halus.....

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Arif Zunaidi Riu_aj mengatakan...

kalo sekarang kan bukan musim pepaya. mana nemu buah ginia. :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Wisata Murah mengatakan...

xixixi pepaya itu makanan rutin ane sob. tapi ane baru tahu dari posting ini, kalau pepaya itu sangat berguna untuk pencernakan. thanks berat ne. happy bloggig

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Kak Rin!!! mengatakan...

@Kevin : Kalau pepaya kan identik dengan buah.. Kalau kates identik dengan masakan.. :P duh laper :P

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

manfaat dari buah pepaya banya sekali ya sob :) jadi kepingin makan pepaya :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadinilan mengatakan...

@Kak Rin!!!
terserah yang mana yang lebih di suka.love,peace and gaul.

@Kevin:salam kenal juga,ohh gitu yah,makasih atas tambahannnya,love,peace and gaul.

@Zone:Experience is the best teacher,bisa bikin kulit halus juga,assik dong.love,peace and gaul.

@Arif Zunaidi Riu_aj:lagi gak musim yah?love,peace and gaul.

@Wisata Murah:Happy blogging juga,love,peace and gaul.

@Kak Rin:Daku juga laper,love,peace and gaul.

@Farixsan Quallicuor(Faris Herdiyanto 177):yuk makan pepaya sama-sama.love,peace and gaul.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Zulfadhli's Family mengatakan...

Hi Om, maap ekye namunya subuh2 buta. Hehehe emak2 kece emang melanglang buananya nyubuh, kalo pagi ampe malem mah sibyuuukkk :-)

Waaahhh gw juga seneng neh Om sama pepaya. Tapi di Miri ini pepaya mahal boo, dijual per kilo. Mana 1 kilonya bisa 3,5 RM looohhh. Hiks kebayang dunks kalo ada 2 kilo, berarti kudu bayar 7 RM. Hehehe 21 rebu buat beli pepaya maknyuuusss euuuyyy

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Zh!nTho mengatakan...

wah aku baru tau manfaat pepaya :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
saryadinilan mengatakan...

@Zulfadhli's Familynyubuh melanglang buananya ngapaian chin?

iya mahal yah kalau pake rupiah,love,peace and gaul.

@Zh!nTho:oke dech,love,peace and gaul.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Yan Muhtadi Arba mengatakan...

Sip Bang. tapi aku kurang suka pepaya je.
rasanya kadang getir2 gitu.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Muhammad A Vip mengatakan...

dulu saat kecil saya sempat tak suka pepaya, tapi kini doyan banget

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan

Posting Komentar