Jumat, 09 April 2010

Salam Dangdut

Hello,hello,hello

yang,yang,yang di goyang-goyang yang

dut,dut,dut yok kita berdangdut

dangdut,dangdut,dangduuuuuuuuuuut

ayo kawan-kawan gembira bersama

ayo kawan-kawan berjoget bersama

hilangkan semua keluh kesah yang ada

dengan lagu yang gembira


cobalah ikuti irama gembira

tua dan muda mari joget bersama,,,,,

tau musik dangdut kan?pasti semua orang tau dari sabang sampai merauke,dari tanah tanah abang sampai rawa bangke kenal akan jenis musik ini.postingan ini memang pernah aku muat beberapa bulan yang lalu.selama aku penjadi seorang kompasianer yang sudah beberapa bulan ini.kayaknya gak ada dech yang posting masalah dangdut atau yang bertemakan jenis musik ini.apa karena emang banyak yang gak suka musik dangdut atau karena malu memposting tulisan dengan bertemakan dangdut?.kalau emang gak ada yang mau menulis tentang dangdut yah sudah aku aja yang menulis itung-itung berbagi dengan yang lain gitu
aja kok repot.

Dangdut merupakan salah satu genre seni musik yang berkembang di indonesia .bentuk musik ini berakar dari musik melayu pada tahun 1940.dalam evolusi menuju bentuk kontempoter sekarang masuk unsur-unsur musik india dan arab (terutama pada cengkok dan harmonisasi).sejak tahun 1970 dangdut boleh di katakan telah matang dalam bentuk nya yang kontemporer sebagai musik populer.dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain mulai dari keroncong ,gambus,rock ,pop bahkan house musik.

Penyebutan nama" Dangdut"merupakan suara dari permainan gendang yang khas dan di dominasi oleh dang-dan ndut.musik ini sangat populer sekitar awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan masyarakat kelas pekerja saat itu.

Berikut nama-nama tokoh penyanyi dan pencipta lagu dangdut populer di bagi dalam tiga kelompok kronologis ,sesuai perkembangan musik dangdut.

*Pra 1970-an

-Hussein Bawafie

-Munif Bahaswan

-M.Mashabi

-Johana Satar

-Hasnah Tahar

*1970-an

-A.Rafiq

-Rhoma Irama

-Elvy Sukaesih

-Mansyur.S

-Mukhsin Alatas

-Herlina Ependi

-Reynold pangabean

-Camelia malik

-Ida laila


*setelah 1970-an

-Vety Verra

-Nur Halimah

-Hamdan ATT

-Meggi .Z

-Iis Dahlia

-Itje Tresnawati

-Evi Tamala

-Ike Nurjanah

-Kristina

-Cici Paramida

-Dewi persik

-Inul daratista

-Ridho Rhoma

-Trio macan

-DLL

Oleh Rhoma Irama ,dangdut di jadikan sebagai alat berdakwah yang jelas terlihat dari lirik-lirik lagu yang di ciptakannya dan di nyanyikan sendiri olehnya.Hal inilah yang menjadi pemicu polemik besar kebudayaan indonesia pada tahun 2003.akibat protes terhadap gaya panggung penyanyi asal jawa timur ,Inul Daratista ,dengan goyang ngebornya yang di cap merusak moral.

Dangdut memang di sepakati banyak kalangan sebagai musik yang membawa aspirasi kalangan masyarakat bawah dengan segala kesederhanaanya.ciri khas musik ini tercermin dari lirik serta bangunan lagunya.

Panggung kampanye partai politik juga tidak ketinggalan memanfa'atkan kepopuleran dangdut untuk menarik massa.isu dangdut sebagai alat politik juga menyeruak ketika Basofi Sudirman,pada saat itu sebagai fungsionaris golkar menyanyi lagu dangdut.

walaupun musik dangdut diasosiasikan dengan masyarakat bawah yang miskin,bukan berarti dangdut hanya di gemari kelas bawah.Di setiap acara hiburan ,dangdut dapat di pastikan turut serta meramaikan situasi.
Dangdut sangat elastis dalam menghadapi dan mempengaruhi bentuk musik yang lain.lagu-lagu barat yang pupuler pada tahun 1960-an dan 1970-an banyak yang di dangdutkan .Genre musik gambus dan Qasidah perlahan-lahan hanyut dalam cara bermusik dangdut.Hal sama terjadi pada musik Tarling dari cirebon.

Musik rock,pop.disko,house bersenyawa dengan baik dalam musik dangdut.Demekian juga yang terjadi dengan musik-musik daerah seperti jaipongan ,degung,tarling,koeroncong,langgam jawa(suatu bentuk musik campur sari dengan tokohnya Didi Kempot)atau Zapin.

Mudahnya dangdut menerima unsur asing menjadikan rentan terhadap bentuk-bentuk pembajakan,seperti banyak yang terjadi terhadap lagu dan film ala Bollywood dan lagu-lagu latin,kopi dangdut misalnya adalah bajakan lagu yang populer dari Venezuela.

Ternyata kepopuleran dangdut gak hanya sampai di negara kita saja.masih ingatkah akan seorang penyanyi asing yang menyanyikan lagu dangdut.Ia adalah Arreal Tilgman warga pertama amerika yang menyanyikan lagu dangdut ,setelah ia terpilih sebagai juara di ajang kompetisi "Dangdut in Amerika".ia berasal dari Delaware,philadelphia AS.yang di promotori oleh Rissa Asnan ketua dan pendiri NSR pruduction selaku penjelenggara "Dangdut in Amerika" dengan dukungan PAMMI (persatuan artis dan musisi melayu indonesia).

Pembuatan album dangdut dengan penyanyi asing merupakan peristiwa pertama kali terjadi,kata ketua DPR Bapak Agung Laksono kala itu.penobatan Arreal Tilgman sebagai warga amerika sarikat pertama yang menjadi penyanyi dangdut juga di catat sebagai rekor baru oleh musium rekor indonesia(MURI).

So kalau bangsa lain saja suka budaya indonesia kenapa kita gak?satu lagi setiap orang bisa menyanyi tapi kalau menyanyikan lagu dangdut emang agak sulit terutama dalam soal cengkoknya yang mendayu-dayu dan berliku gak lurus-lurus aja.yuk kita berdangdut ,requeast juga boleh loch,hahaha.


dari berbagai sumber.gambar di unduh dari google.

0 comments:

Poskan Komentar