Selasa, 06 April 2010

Kritik anda adalah kue anda

Teman:
Anda tidak berhak di puji jika
Anda tidak bisa menerima kritikan
(Halley berry ,)2005


Inilah kalimat dasyat yang di sampaikan Halley berry,artis peraih oscar melalui film james bond”Die Another day”di tahun 2004,ketika mendapat piala Razzie Award.Razzie Award adalah penghargaan yang di berikan oleh mereka yang di nilai aktingnya buruk.label pemain terburuk ini di dapatkan Halley setelah memainkan perannya di film” Cat Women”.ia adalah orang yang per tama kali langsung datang ke tempat pemberian penghargaan terse but.tidak ada aktor dan aktris lain sebelumnya yang sanggup datang dan hanya menyampaikan pesannya melalui video.sambutanya sungguh menarik.

“saya menerima penghargaan ini dengan tulus,saya menganggap ini sebagai kritik untuk tampil lebih baik di film-film saya berikutnya .saya masih ingat pesan ibu saya bahwa …..”kamu tidak berhak di puji kalau kamu tidak bias menerima kritikan”.

Tepukan tangan sambil berdiri sebagai bentuk ketakjuban dari para hadirin sangat memeriahkan malam itu,ya sangat sedikit orang yang sanggup menerima kritikan seperti Halley.

Nah sekarang apa arti kritik bagi kita?apakah itu musibah buruk seperti bencana yang tak terduga ,atau….simbol kehancuran diri?.adakah yang bisa menganggap kritik layaknya ia menerima pujian .kritik memiliki banyak bentuk….kritik bisa berupa nasehat,obrolan ,sindiran,guyonan,hingga cacian pedas.wajar saja setiap orang tidak suka akan di kritik.

Bgaimanapun akan lebih menyenangkan jika kita berlaku dan tampil sempurna,memuaskan semua orang dan mendapatkan pujian.tapi siapa yang bisa menjamin bahwa kita bisa aman dari kritik?tok kita Hanyalah manusia dengan segala keterbatasannya .dan nyatanya di dunia lebih banyak orang yang suka mengkritik daripada di kritik.

Kalau kita suka sepak bola,pasti sering mengamati komentator dalam mengeluarkan peryataan pedasnya ,padahal belum tentu kepandaian mereka dalam mengkritik orang lain sebanding kemampuannya jika di suruh memainkan bola sendiri di lapangan.

Belum lagi para pakar dan pengamat politik.ekonomi maupun social.mereka berkomentar kepada publik ,seolah peryataan merekalah yang paling benar.namun bukan itu masalahnya!
Pertanyaannya sekarang adalah seandainya kita mendapatkan kritikan,yang sakitnya melebihi tamparan ,apa yang harus kita lakukan?…jawabannya adalah ----Nikmatilah kritik layaknya kue kegemaran kita!
Mungkinkah?..Mengapa tidak

Kita mempunyai wewenang penuh untuk mengontrol perasaan kita.Berikut tips untuk kita saat menghadapi kritik:

1.Ubah paradigma kita terhadap kritik
Tidak sedikit orang yang jatuh hanya gara-gara kritik,meski tidak semua kritik itu benar dan perlu di tanggapi.padahal kritik menunjukan ada yang “masih perduli”kepada kita.coba perhatikan perusahaaan besar yang harus mengirimkan berbagai survey untuk mengetahui kelemahannya.bayangkan jika kita melakukan hal yang sama ,mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengetahui kekurangan kita!lol.kritik merupakan kesempatan untuk koreksi diri.tentu saja akan menyenangkan jika mengetahui secara langsung kekurangan kita.daripada sekedar menerima dampaknya,seperti di kucilkan misalnya.

2.Cari tau sudut pandang si pengkritik
Tidak ada salahnya mencari tau detil kritik yang di sampaikan .kita bisa belajar dari mereka dan melakukan koreksi terhadap diri kita.bisa jadi kritik yang di sampaikan benar adanya.jika perlu ,justru carilah orang yang mau memberikan kritik sekaligus saran kepada kita.tock kita tidak menjadi rendah dengan hal itu.justru sebaliknya ,pendapat orang lain bisa membuka persepsi wawasan maupun paradigma baru yang mendukung goal kita.

3.Kritik tidak perlu di balas dengan kritik
Tanggapi kritik dengan bijak.kita tidak perlu merasa marah atau memasukkan ke dalam hati .toh menyampaikan pendapat adalah hak orang..nikmati apapun yang mereka sampaikan .tidak ada ruginya untuk ringan dalam memaafkan seseorang .angaplah semua untuk perbaikan yang menguntungkan diri kita kelak.

4.Terimalah kritik dengan senyuman ^_^
Ini semua bisa melatih mental kita agar kita bisa “Tegar”menghadapi ujian yang lebih hebat di kemudian hari.

Singkatnya, kita memang hanya layak di puji jika sudah berani menerima kritikan .meski tidak mudah ,asah terus keberanian kita untuk menerima kritik layaknya menikmati kue kita.ingat ,pujian dan apresiasi akan datang apabila kita sudah melakukan sesuatu yang berharga .so janganlah bosan untuk memburu kritik ,dan tanggapilah kritik dengan lapang dada.

Di tulis oleh Anne Ahira.

0 comments:

Posting Komentar