Jumat, 09 April 2010

Istana Nurul Iman dan Sultan

Berlalulah sudah ramadhan

sebulan berpuasa

tiba syawal kita rayakan

dengan hati gembira

anak muda di rantauan

semuanya pulang ke desa

ibu dan ayah keriangan

bersyukur tak terkira

kuih dan muih beraneka macam

makanlah jangan hanya di pandang

kerupat rendang sila nikmati

penat memasak malam ke pagi

wajik dan dodol jangan lupakan

peninggalan nenek zaman ke zaman

asyik persimpuh pak ci dan mak ci

hai duit raya lupa nak di beri,,,,,


Lagu di atas adalah kenangan saat aku merayakan aidil fitri atau lebaran di negara Brunei darussalam. pada saat hari raya kita bisa jalan-jalan ke istana yang katanya merupakan istana terbesar di dunia yang merupakan tempat tinggal sultan dan kerabatnya.Istana itu bernama Istana Nurul Iman.bagi yang belum tau ada sedikit ulasan tentang istana nurul iman.

Istana Nurul Iman adalah istana terbesar di dunia yang masih di huni sultan haji hassanal bolkiah beserta keluarganya .konon istana yang berharga sekitar 600 miliar dollar dan memiliki luas sekitar 200.000 meter persegi ini memiliki 1.778 kamar,257 kamar mandi ,5 kolam renang,110 garasi mobil 400 hall untuk tamu,18 lift dan sebuah masjid.sayangnya istana ini hanya di buka untuk umum hanya pada hari raya saja selama tiga hari yaitu hari raya pertama,kedua dan ke tiga.

kalau kita bicara istananya gak afdol kalau gak bicara tentang yang empunya istana yaitu sultan Brunei.ke bawah duli yang maha mulia seri baginda sultan haji Hassanal Bolkiah Al-Muizzaddin Wadaullah Ibni Almarhum Sultan Omar Ali Saifuddin .lahir 15 juli 1946 adalah sultan brunei ke 29 yang merupakan putra sulung sultan Omar Ali saifuddin Sa'adul khairi waddien dan kakak dari putra Jefri Bolkiah.ia adalah sultan pertama Brunei yang berdaulat penuh setelah sebelumya Brunei merupakan protektor Britania Raya.

Sultan haji Hassanal Bolkiah lahir di Bandar seri begawan .selain menjadi sultan,sultan haji hasanal bolkiah juga memegang jawabatan perdana mentri,mentri pertahanan dan menteri keuangan Brunei .ia di angkat sebagai putra mahkota pada tahun 1961 dan di tabalkan sebagai sultan Brunei pada tanggal 5 oktober 1967,setelah ayah handanya turun tahta secara suka rela.Ahli warisnya adalah putranya dengan ratu Salehah yakni putra mahkota Al Muhtadee Billah Bolkiah.

Tahukah anda?

*Sultan Haji Hassanal bolkiah merupakan salah satu raja terkaya di dunia.

*kalau kita kebetulan bertemu di istananya .kita akan memerlukan waktu 24 jam sehari semalam hanya untuk berada di satu ruangan selama 30 detik.bingung mungkin yah?.

*dan garasi yang menyimpan 110 mobil.Sultan haji Hassanal Bolkiah memang gemar mengoleksi mobil.pada tahun 1998,Auto car majalah mobil inggris-mempublikasikan mobil-mobil sultan ada perrari dan Bentley yang jumlah kesemuanya antara 3000 sampai 6000 buah.ia juga masuk buku guiness world recor atas koleksi mobil Rolls-Royle yang berjumlah 500 buah,yang tersebar di beberapa negara.

*pesawat terbang sultan Haji Hassanal Bolkiah merupakan salah satu pesawat paling mewah juga.jangan lupa,betul di lapisi emas!pesawat di dalamnya,layaknya istana pula,berharga lebih dari $120 ribu dollar.ada kolam renang dan eh lagi-lagi di lapisi emas.Sultan juga mempunyai enam pesawat yang lebih "kecil"dan dua buah helikopter.

*Ketika anaknya menikah pestanya berlangsung selama 14 hari 14 malam dengan menghabiskan biaya $ 5 juta dollar.pernikahan itu di hadiri lebih dari 25 kepala negara dan anggota istananya.

dari berbagi sumber

0 comments:

Posting Komentar