Rabu, 25 Juli 2012

Cara Alami Atasi Gangguan Pencernaan

Banyak cara orang mengatasi Diare,salah satunya yaitu dengan ramuan daun jambu biji karena tanaman daun jambu biji mengandung zat anti bakteri sehingga bisa mencegah saat terkena penyakit.pembunuh bakteri lain adalah karatenoin,vitamin c,dan potassium.selain jambu biji yang dapat mengatasi Diare secara alami. gangguan kesehatan pada perut atau lambung di anggap sebagai gejala pencernaan.hampir semua orang pernah mengalami masalah ini,namun banyak orang menganggap sebagai gejala ringan.tapi jika anda sering mengalaminya bisa jadi merupakan gejala petanda masalah pada proses pencernaan anda.gangguan pencernaan tersebut bisa di atasi dengan mengunjungi Dokter,namun banyak diantara kita lebih memilih pengobatan alami dengan mengkonsumsi ramuan tanaman obat sebagai solusinya. 

Di bawah ini ada beberapa tanaman yang dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan anda secara alami. 

1.Lidah Buaya 

Anda pasti sudah kenal tanaman lidah Buaya.biasanya tanaman ini selalu menghiasi rumah anda agar lebih indah.jika biasanya manfaat tanaman yang selalu identik dengan perawatan dan kecantikan tubuh ini,ternyata tidak hanya itu saja.tanaman ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh,lidah buaya dapat di konsumsi dengan cara dan penyajian yang berbeda.salah satunya adalah minuman jus lidah buaya.jus lidah buaya bermanfaat untuk merawat pencernaan seperti usus dan siderom radang perut.lidah buaya dapat mengatur jumlah asam lambung,membantu penyerapan nutrisi,dan menghilangkan zat-zat beracun dari dalam tubuh melalui system pembuangan yang membuat pencernaan lancar.selain berguna untuk masalah pencernaan peneliti juga menunjukan jus lidah buaya dapat menyembuhkan mag. 

2.Tanaman Adas 
 Anda mungkin belum banyak mengetahui tanaman ini.tanaman adas adalah tanaman sejuta manfaat yang telah banyak di gunakan sebagai obat-obatan herbal dan juga bumbu masak.tanaman yang berasal dari mediterania dan eropa selatan ini bahkan menjadi komoditi ekspor yang cukup banyak di cari.di Jerman hamper setiap rumah tangga mempunyai persediaan teh adas,obat batuk adas,madu adas atau membuat masakan yang berasal dari adas seperti salad adas dsb.Di Indonesia sendiri tanaman adas di budidayakan sebagai tanaman obat.tanaman ini memiliki banyak nama,diantaranya di minangkabau tanaman ini sebut mani,masyarakat sunda menyebutnya…hades..,di jawa orang menyebutnya…adas landi ,aceh di sebut…das pedas.beberapa manfaatnya ialah sebagai obat herbal yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit seperti perut kembung,mual,diare,kurang nafsu makan,muntah dan berbagai gangguan pencernaan lainnya. 

3.Kunyit
  gangguan pencernaan sering kali tidak kita hiraukan,gejalanya antara lain nyeri atau rasa tidak enak pada perut yang kadang membuat kita mual dan muntah.jika anda mengalami gangguan tersebut tidak perlu buru-buru mengunjungi Dokter coba dulu tanaman kunyit.jika tanaman lain menstimulasi frekuensi getah lambung,kunyit justru menahan frekuensi getah lambung,karena itu rimpang kunyit dapat mengatasi gangguan pencernaan akibat kelebihan getah lambung. Kunir atau kunyit, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti Turmeric (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia dan Malaysia), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura). 

4.Jahe 
  Selain populer sebagai bumbu masak,jahe bermanfaat untuk kesehatan.fakta terbaru dari jahe adalah mampu meredakan nyeri lambung dan radang pada sendi.jahe di peroleh dari rimpang…konon tumbuhan ini pertama kali di perkenalkan oleh Marcopolo.sumber lain menyebutkan jahe berasal dari daratan asia yang sudah di manfaatkan olehbangsa china dan india sejak 5000 tahun yang lalu.jahe telah lama di gunakan sebagai obat herbal di asia,india dan arab.di Indonesia jahe diolah menjadi minuman berkhasiat seperti wedang jahe,sekoteng dan bandrek yang dipercaya bisa menghangatkan tubuh dan melancarkan pencernaan.jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan memang sudah tidak di ragukan lagi.berbagai penelitian ilmiah dilakukan dan hasilnya sungguh mengagumkan,kandungan enzim…..yang terkandung dalam jahe berfungsi memisah protein dan lemak.enzim inilah yang membantu dan menyerap makanan untuk meningkatkan nafsu makan.jahe juga dapat melindungi system pencernaan juga menurunkan keasaman lambung. 

 Itulah cara alami mengatasi gangguan pencernaan,selain murah,beberapa bahan-bahan di atas tentu sangat mudah di temukan terutama di tanah Indonesia yang kaya akan berbagai macam tumbuhan yang beraneka ragam.selain murah dapat di pastikan akan lebih aman bagi kesehatan anda.semoga bermanfaat. 

Sumber:Spotlight,Trans 7.gambar dari google image

4 comments:

Anisayu Nastutik mengatakan...

wah sungguh aku butuhkan ini,
buat ngatasi gangguan pencernaan,
yang alami lagi...

sip n terimakasih... :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Unknown mengatakan...

Langsung dicoba.. sering sembelit nih sob..

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Leadership Developmant Training mengatakan...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan
Samsul Bahri mengatakan...

Mantap. maksih infonya... segera dicoba.

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Saryadi nilan

Posting Komentar