Jumat, 16 April 2010

Sheikh Zayed MosQue,AbuDhabi

Bagi umat muslim keberadaan masjid sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.selain sebagai sarana ibadah juga sebagai sarana untuk menjaga tali persaudaraan antar umat muslim,atau ukhuwah islamiah.

Ada sekitar 15 masjid terbesar di dunia diantaranya:
@ masjidil Haram di mekkah saudi arabia
@masjid Nabawi di Madinah saudi arabia
@masjid Muhammad ali pasha di kairo mesir
@masjid istiklal di jakarta indonesia
@masjid Hassan ali 2 di kasabanka marroko
@masjid Faisal di islamabad pakistan
@masjid Basdishahi di Lahore pakistan
@masjid sheikh zayed di abu dabdi uni emirat arab
@masjid jami delhi(jehan numa)di india
@masjid baitul muharam di Dakka bangladesh
@masjid idkah di Kasgar xinjiang cina
@masjid negara di malaysia
@masjid Sultan Ahmad di turki
@masjid Al Fath di bahrain
@masjid Al aqsa di palestina

sekarang kita akan pergi ke salah satu masjid terbesar di dunia yaitu masjid sheikh zayed di uni emirat arab.

melintasi dua jembatan utama mussafa dan maqta ibu kota uni emirat arab Abu Dabhi nampak bangunan putih nan elok terlihat indah pasti setiap orang bertanya -tanya setiap melintasi jalan sibuk tersebut.

bangunan putih nan elok itu adalah Sheikh zayed mosque al nahyan.sheikh zayed al nahyan adalah presiden pertama uni emirat arab yang meninggal dunia sekitar tahun 2004 dan di makamkan di sekitar masjid.
masjid sheikh zayed merupakan masjid terbesar ketiga di dunia setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.selain berfungsi sebagai tempat ibadah masjid itu juga menjadi tempat wisata religi.
Resmi di buka pada Ramadhan 2007 .awalnya masjid ini terlarang untuk non muslim ,namun sejak maret 2008 otoritas kepariwisataan Abu Dhabi membolehkan non muslim mengunjungi masjid ini guna mempromosikan kebudayaan dan pemahaman keagamaan.

Dengan arsitektur yang sangat indah dan mengagumkan pantaslah kalau mendapatkan salah satu masjid tercantik di dunia.
pualam putih yang di datangkan langsung dari italia mendominasi bangunan masjid ini.ribuan tiang -tiang di hiasi inlay marmer warna warni dengan desain indah nan cantik.
kandelabra islam super besar tergantung di langit -langit yang tinggi bentuknya sangat indah .ada bola -bola kristal hijau dan merah berkelap-kelip .kandelabra buatan jerman ini seharga 100 miliar memang pantas menghiasi masjid ini.

masjid ini makin megah karena di apit empat menara setinggi 115 meter di empat sudut.terdapat kurang lebih 57 buah kubah menangungi halaman dalan dari gedung utama yang di hiasi marmer pualam putih.
permadani yang di datangkan khusus dari iran mencapai kurang lebih 5000 meter persegi dan beratnya mencapai 47 ton,35 ton wol 12 ton kapas.

pembangunan masjid Sheikh zayed ini menelan biaya hampir sekitar 8 juta dollar as.

0 comments:

Posting Komentar